Menulis tidak sekadar merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat dan cerita yang menarik untuk dibaca. Namun menulis punya banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh penulis. Bahkan dengan rutin menulis, bisa memunculkan keajaiban-keajaiban yang dapat mengubah diri penulis.

Kalau kamu saat ini sedang ingin mendalami dunia tulis menulis, maka lanjutkan. Itu merupakan pilihan yang bagus. Dan apabila kamu belum tertarik untuk menulis, cobalah mulai dari sekarang. Mungkin saja kamu punya bakat menulis tetapi belum tersampaikan.

Kali ini Blog Bukupedia ingin berbagi dengan kamu beberapa keajaiban yang bisa saja dapat mengubah diri kamu dari aktifitas menulismu. Silahkan simak!

Kepuasan diri

Jangan menyepelekan sebuah kepuasan diri. Kalau kamu sudah bertahun-tahun ingin menjadi penulis dan akhirnya bisa pecah telur dalam menerbitkan buku pertama, itu jelas menjadi kepuasan diri. Dari kepuasan diri inilah yang secara tidak langsung akan membuat diri kamu merasa lebih baik lagi. Kamu akan menjadi lebih percaya diri, bersemangat dan tentunya bisa yakin pada diri sendiri kalau kamu bisa menelurkan sebuah karya.

Kepuasan diri ini akan memicu karya-karya selanjutnya. Terlepas dari hasil yang didapatkan di karya pertama, kamu tetap akan bisa bersemangat untuk melanjutkan karya berikutnya.

Lebih dikenal

Ini seperti sudah menjadi hukum sebab akibat. Apabila ada seseorang yang bisa memiliki karya yang bagus dan bermanfaat, sudah tentu akan berdampak positif bagi pembuat karya. Salah satunya adalah akan lebih dikenal.

Kalau kamu berkarya melalui buku, maka kamu akan dikenal dari karya mu itu sebagai penulis buku.

Tentu keajaiban ini akan membuat hidupmu lebih baik lagi. Dengan modal kepuasan diri (tapi bukan bermaksud cepat puas) dan sedikit demi sedikit mulai dikenal, maka ini akan menjadi modal besar bagi kamu untuk berkarya dengan lebih baik lagi.

Keajaiban ini bukan untuk menyombongkan diri kamu, tetapi sebagai wujud rasa syukur dan apresiasi dari orang lain untuk kamu bisa terus berkembang.

Menjadi pribadi yang Open Minded

Menulis akan membuat pemikiran kamu lebih terbuka. Karena agar tulisan bisa diterima masyarakat luas, maka kamu harus terbuka dalam tulisan mu. Ini tentu menjadi hal baik bagi diri kamu. Lama-lama kamu akan terbiasa dengan pemikiran yang terbuka. Dampaknya adalah kamu tidak akan cepat ’emosi’ dengan hal-hal yang baru atau bertentangan dengan diri kamu. Kamu akan bisa menjadi pribadi yang menghargai orang lain meskipun tidak sesuai dengan diri kamu.

Akibat lain dari semua itu adalah kamu akan memiliki banyak relasi. Karena dengan pemikiran terbuka ini kamu bisa diterima di setiap lingkungan.

Lebih peka dengan lingkungan

Secara tidak langsung, menulis dapat mengasah kepekaan. Karena kadang kita menulis dengan melihat lingkungan sekitar lalu mengembangkannya menjadi cerita yang menarik.

Buku terkait untuk kamu :

Masih banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan dari menulis. Keajaiban itu datang tanpa disengaja dan menulis bisa saja menjadi pintu rejeki baru mu untuk meraih mimpi-mimpi besar lainnya.