Terkadang aktivitas membaca bukan terkendala oleh waktu, apalagi buat orang yang punya jam kerja yang tinggi. Mau membaca sepulang kerja rasanya sudah tidak berkonsentrasi lagi.

Membaca buku adalah aktivitas yang membutuhkan kinerja otak yang tinggi. Di mana kita akan dituntut untuk memahami, menganalisa, dan menyerap ide-ide yang ada di dalam buku. Ini butuh konsentrasi yang tinggi. Karena membutuhkan kinerja otak yang lagi fresh, maka waktu membaca buku pun harus tepat.

Jam 10.00 pagi

Ada sebuah artikel yang dimuat di ukessays.com dengan judul Age and the Human Body Clock Health Essay. Di dalam artikel tersebut disebuah bahwa kemampuan manusia dalam berpikir khususnya untuk membaca dan belajar yang paling ideal adalah jam 10.00 pagi.

Di jam ini sedang puncak-puncaknya otak memiliki daya konsentrasi yang tinggi. Sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk membaca.

Sayangnya di jam ini adalah waktu produktivitas dalam bekerja pula, waktu dimana kerjaan lagi padat-padatnya, apalagi kadang ada meeting. Lalu bagaimana mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

#Manfaatkan waktu libur

Di mana ada waktu libur, manfaatkan waktu itu untuk membaca. Tidak perlu kamu seharian membaca, tapi kamu bisa memulainya di pukul 09.30 pagi hingga 11.00 – 12.00 siang. Satu dua jam sudah cukup untuk membaca dan bisa mendapatkan beberapa halaman.

Setelah itu kamu bisa beristirahat agar apa yang telah kamu baca bisa terserap oleh otak. Karena dengan beristirahat / tidur bisa memaksimalkan apa yang telah otak kerjakan.

#Manfaatkan waktu luang di kantor

Mungkin tidak semua dari kamu ketika jam 10.00 pagi sedang sibuk-sibuknya. Ada yang memang lagi santai, misalnya saja sedang menunggu konsumen atau lainnya. Nah manfaatkan waktu sesingkat ini untuk membaca. Untuk itu selalu siapkan buku yang ingin kamu baca. Saran kami adalah baca buku yang ringan-ringan saja dan membuat efek bahagia.

Jangan membaca buku yang sedih-sedih apalagi yang membutuhkan pemahaman tingkat tinggi.

Ingat di jam ini kamu sedang bekerja, prioritaskan pekerjaanmu itu.

Ketika kamu merasa ingin membaca buku

Waktu yang tepat lainnya adalah ketika kamu merasa ingin membaca buku. Karena jika sudah niat, mau itu jam 10.00, jam 15.00 atau jam berapa pun pasti akan bisa menyerapnya. Akan tetapi pastikan kamu berada dalam keadaan yang bebas pekerjaan, artinya tidak mengganggu pekerjaan utama.

Kalau pun malam hari kamu masih punya kemampuan untuk membaca, ya baca saja di malam hari.

Saat membaca perhatikan juga kondisi sekitar, agar kamu juga tidak terganggu konsentrasinya. Dan yang perlu diperhatikan adalah membacalah yang sehat.

Baca juga : Tips Sehat Saat Membaca Buku