Pendidikan memang hal penting baik kaum pria maupun wanita. Karena dengan memiliki pendidikan, maka seseorang bisa tetap survive dalam menghadapi masalah yang ada. Dan tentu bisa terus berkarya dengan ilmu yang dimilikinya.

Akan tetapi untuk untuk bisa berpendidikan tinggi memang tidak semua orang bisa lakukan. Untuk melanjutkan kuliah saja kadang masih banyak yang terkendala karena biaya, ada juga yang memang tidak ingin melanjutkan kuliah dan ingin langsung bekerja saja.

Yang seperti itu juga tidak masalah. Karena belajar memang tidak harus selalu duduk di dalam kelas.

Hal yang terpenting adalah kamu tetap punya jiwa pembelajar. Artinya semangat belajar harus tetap ada sampai kapan pun meski tidak berstatus sebagai pelajar lagi.

Belajar pun tidak harus selalu yang berkaitan dengan ilmu-ilmu yang ada di sekolah/kuliah, kamu pun bisa belajar hal-hal lain yang sesuai dengan bidang yang disenangi.

Media yang bisa kamu gunakan adalah buku. Melalui buku kamu bisa belajar hal-hal yang kamu senangi dengan mudah. Berbebal buku kamu akan mendapatkan hal-hal baru yang kadang justru tidak akan didapatkan di bangku sekolah.

Membaca buku jangan sampai dilupakan, karena buku adalah sumber ilmu.

Dengan membaca buku kamu juga akan bertambah wawasannya. Bahkan tidak akan kalah dengan orang-orang yang kuliah. Sudah banyak orang-orang sukses yang pendidikannya rendah tetapi mereka berhasil.

Ada seorang warga dari Kabupaten Banyumas, ia hanya lulusan SD, namun karena mau membaca ia berhasil membuka karya pompa air hydram tanpa tenaga listrik dan hanya menggunakan tenaga air itu sendiri.

Ini menjadikan bukti bahwa membaca dapat mengubah pola pikir manusia dan keadaan sosial hidup seseorang.

Sayangnya sekarang ini masih banyak orang yang enggan membaca, mereka menganggap membaca tidak penting dan karena sudah tidak sekolah lagi. Padahal membaca itu bisa dikatakan sebuah kewajiban.

Di dalam agama pun juga demikian, kita harus mau membaca kitab-kitab agama. Kalau muslim ya membaca Al Qur’an karena di dalamnya banyak sekali tuntunan hidup dan lainnya.

Orang tidak mau membaca akan tersesat di dalam hidupnya. Maka dari itu meskipun kamu tidak berpendidikan tinggi, tapi mari tetaplah membaca.