kafe etos cover

Kafe Etos
8 x 8 Kisah Inspirasional untuk Membangun 8 Etos Kerja Profesional

Oleh : Jansen Sinamo
ISBN : 9789799680426
Rilis : 2011
Halaman : 276
Penerbit : Institut Darma Mahardika
Bahasa : Indonesia

Buku Kafe Etos ini diterbitkan sebagai pendamping buku utamanya, yaitu buku 8 Etos Kerja Profesional dan 8 Etos Keguruan. Jansen Sinamo, penulis sekaligus Guru Etos Indonesia, ingin membantu pembaca agar dapat lebih mudah memahami nilai-nilai 8 etos dengan cerita yang lebih ringan dan bahasa yang lebih mudah ditelan.

Setelah membaca Kafe Etos, saya setuju bahwa poin-poin dari 8 etos yang ada di buku 8 Etos Kerja Profesional bisa lebih mudah dipahami karena isi Kafe Etos berupa cerita-cerita pendek dengan konteks yang beragam dan pembawaan yang menarik pula.

Seperti Didampingi Guru Etos

Buku setebal 276 halaman ini berisikan 8 x 8 kisah inspirasional yang memberikan contoh bagaimana 8 etos kerja profesional dapat bekerja dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun Kafe Etos ini seperti buku pelengkap bagi yang sudah membaca 8 Etos Kerja Profesional, menurut saya alurnya pun bisa juga dibalik dan membuat pembaca tertarik membaca buku teori asalnya.

Kafe etos samping-min

 Jadi apa sih 8 Etos Kerja yang dimaksud itu? Berikut adalah rangkumannya :

  • Etos 1 : Kerja adalah Rahmat; Aku bekerja ikhlas penuh kebersyukuran
  • Etos 2 : Kerja adalah Amanah; Aku bekerja benar penuh tanggung jawab
  • Etos 3 : Kerja adalah Panggilan; Aku bekerja tuntas penuh kesungguhan
  • Etos 4 : Kerja adalah Aktualisasi; Aku bekerja keras penuh semangat
  • Etos 5 : Kerja adalah Ibadah; Aku bekerja serius penuh kecintaan
  • Etos 6 : Kerja adalah Seni; Aku bekerja cerdas penuh kreativitas
  • Etos 7 : Kerja adalah Kehormatan; Aku bekerja serius penuh keunggulan
  • Etos 8 : Kerja adalah Pelayanan; Aku bekerja paripurna penuh kerendahan hati

Agar lebih memudahkan pemahaman dari masing-masing etos dalam cerita yang ada, Jansen Sinamo memberikan rangkuman makna dari cerita tersebut serta menyajikan pertanyaan atau hal yang perlu dilakukan pada bagian akhir masing-masing cerita. Panduan inilah yang bisa membantu kita merenungkan bagaimana posisi kita saat ini dengan etos kerja yang menjadi bahan pembahasan. Menarik kan, serasa ada guru etos yang mendampingi kita:)

Penuh Kisah yang Menginspirasi Setiap Hari

Menurut saya buku ini memang dirancang untuk dibaca satu cerita per hari. Meski ceritanya hanya ada 64 + bonus dan bukan 360 untuk setiap harinya. Hah bonus apa? Iya saya berikan bocorannya.. Bahwa ada cerita bonus jadi totalnya lebih dari 64 cerita!

Dari semua cerita yang ada di buku Kafe Etos, menurut saya cerita nomor 17 berjudul Gadis Pecenongan adalah cerita yang paling menginspirasi dan cocok untuk renungan kehidupan sehari-hari.

kafe etos isi-min

Kisah ini bercerita tentang seorang gadis kecil penjual kue di daerah jalan Pecenongan, Jakarta. Gadis ini dengan tabah dan sabar menunggu pengunjung di warung tenda untuk membeli kue yang dibawanya.

Hal yang tidak biasa adalah gadis ini selalu menolak saat pengunjung memberikan uang kepadanya mulai dari seribu, dua ribu, hingga tiga ribu rupiah sebagai rasa iba terhadap gadis itu.

Mengapa uang tersebut ditolak?

“Kata mama, saya tidak boleh mengemis! Kata mama, saya harus jualan,” ucap gadis kecil di warung makan pecenongan itu.

mind blown

Mind = blown. Tentu saja kalimat tersebut membuat saya kembali berpikir, bisakah saya bersikap seperti gadis kecil itu? Apakah saya masih memiliki harga diri atau tidak peduli karena yang penting dapat uang?

Akhir cerita, para pengunjung warung pun tersentuh setelah mendengar jawaban gadis kecil tersebut dan membeli semua kue yang dibawa gadis itu seharga Rp 15.000 tanpa ditawar.

Kisah singkat ini berbicara tentang harga diri dan martabat seseorang sejalan dengan bunyi etos 7 : kerja adalah kehormatan. Gadis kecil ini mengajarkan bahwa kehormatan bukanlah apa yang ditampilan di luar, melainkan apa yang dipancarkan dari dalam seperti budi pekerti dan prinsip hidup.

Kesimpulan – Buku Inspirasional Harianmu

Menurut saya buku Kafe Etos ini wajib dibaca bagi teman-teman yang sudah atau akan memasuki dunia kerja, khususnya jika lingkungan kerjanya dirasa kurang mendukung untuk bersikap profesional.

Dengan menyadari bahwa pekerjaan kita bukanlah hanya sekedar bekerja secara fisik dan pikiran, kita dapat melihat lebih jauh makna dan manfaat dari tiap kegiatan yang kita lakukan.

kafe etos belakang-min

Jangan lupa juga untuk membaca buku 8 Etos Kerja Profesional bagi teman-teman yang ingin mendalami lebih jauh tentang prinsip 8 Etos Kerja dari Jansen Sinamo, Guru Etos Indonesia. Selamat membaca!

 

>> Dapatkan buku Kafe Etos di Bukupedia <<