Tidak semua orang bisa menikmati bangku kuliah. Entah memang tidak berminat untuk meneruskan ke perguruan tinggi atau bisa jadi tidak ada biaya untuk melanjutkannta. Tapi itu tidak menjadi masalah. Yang jadi masalah adalah jika kamu merasa jika tidak kuliah maka peluang untuk sukses kecil. Itu tidak benar.

Meski tidak kuliah, kamu jangan merasa minder. Karena kesuksesan itu hak semua orang. Perlu kamu ketahui dan sadari, bahwa kuliah itu tidak menjamin kesuksesan. Sudah banyak contohnya, tidak akan kami sebutkan di sini. Tetapi fakta yang ada saat ini adalah banyak pengangguran yang sejatinya adalah lulusan Sarjana.

Dari situ saja sudah kelihatan bahwa kuliah tidak menjamin kemudahan dalam meniti karier. Jadi buat kamu yang memang tidak kuliah, tidak perlu minder, masih banyak modal yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa bersaing dengan orang-orang yang kuliah.

#1 Keterampilan Khusus

Kalau kamu punya keterampilan khusus, tekunilah. Karena dari keterampilan itu bisa membuat kamu menjadi orang yang beda dan berharga. Orang yang terampil akan banyak dicari orang dan tentunya akan punya ‘harga’ berbeda dibanding orang yang tidak punya keterampilan sama sekali.

Jadi andalkan keterampilan khusus yang kamu miliki. Apalagi keterampilan di bidang IT, sekarang sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga : Alasan Kamu Harus Belajar Bahasa Inggris

Manfaat Google untuk belajar, internet adalah sumber informasi yang berharga.

#2 Soft Skill

Jika poin satu adalah hard skill yaitu keterampilan yang terlihat atau fisik. Maka soft skill adalah kemampuan atau cara kamu bertindak. Soft skill ini sama seperti attitude atau sikap. Ini juga sangat penting dan bahkan mendukung kemampuan atau keahlian fisik yang kamu miliki.

Orang yang pintar dan punya keahlian bagus tapi jika soft skill nya buruk, maka akan sia-sia, sulit untuk berkembang.

Misalnya seperti ini, ada dua orang yang punya keahlian di bidang desain grafis, kemampuannya sama kalau diukur dalam angka. Tetapi orang pertama memiliki soft skill yang kurang, seperti sulit berkomunikasi dengan orang lain (yang baru dikenal), attitude buruk sering meremehkan karya orang lain. Sedangkan orang kedua, memiliki soft skill yang baik. Dia bisa berkomunikasi dengan baik, pandai mempresentasikan karyanya tanpa meremehkan karya orang lain.

Dari dua orang itu, yang akan lolos dan menang dalam persaingan adalah orang yang memiliki soft skill bagus. Buat apa keahlian bagus tetapi tidak bisa mempresentasikan dengan baik ke orang lain. Apalagi sukanya meremehkan karya orang.

Jadi buat kamu yang tidak kuliah, asal soft skill kamu agar dapat dengan mudah diterima oleh orang lain.

#3 Banyak Relasi

Tidak perlu khawatir jika hanya lulusan SMA/K, yang penting kamu bisa punya banyak relasi itu sudah menjadi modal berharga. Jika kamu memiliki hard skill dan soft skill yang bagus dan ditambah lagi punya relasi yang banyak, maka akan mudah mendapatkan pekerjaan.

Buku terkait :

Kuliah memang bisa membawa manfaat, tetapi kuliah bukan satu-satunya jalan menuju kesuksesan. Ini bukan masalah penting atau tidak penting, bagaimana diri kita bisa memaksimalkan apa yang kita punya untuk melakukan sesuatu yang lebih berharga. Semangat!