Apakah kamu pernah memikirkan kalau banyaknya pengujung di toko buku itu semuanya akan membeli buku? Apa yang sebenarnya mendasari mereka bisa datang ke toko buku? Nah, kali ini Blog BukuPedia akan mencoba mengurai tipe-tipe pengunjung toko buku yang banyak ditemui.

Kalau kamu mencoba untuk melihat pengunjung-pengunjung yang datang ke toko buku, pasti akan melihat masing-masing punya keinginan atau tujuan yang berbeda. Bisa dikatakan tidak semua yang berkunjung ke toko buku memang ingin membeli buku.

Dari beberapa yang sering ditemui, berikut ini kami coba kelompokan tipe-tipe pengunjung toko buku.

#1 Sudah Ada Niat Untuk Membeli Buku yang Dicari

Tipe pertama adalah pengunjung yang memang sudah niat untuk membeli buku dan mereka sudah ada daftar buku yang akan dibelinya. Sehingga ketika datang ke toko buku mereka akan langsung mencari buku yang dicarinya. Kalau sudah ketemu, bisa saja mereka langsung pulang atau melihat-lihat koleksi buku yang lain. Tetapi tujuan utamanya adalah membeli buku yang sudah dicarinya sejak dari rumah.

#2 Hunting Buku

Tipe pengunjung lainnya adalah yang suka hunting buku. Yang seperti ini biasanya mereka yang punya kegemaran membaca. Mereka ke toko buku belum punya daftar buku yang ingin dibeli, tetapi mereka datang dulu dan melihat-lihat buku yang bagus menurut mereka.

Pengunjung macam ini sudah pasti akan membeli buku. Karena mereka memang sangat suka membaca buku dan jika ada buku yang kiranya menarik akan dibeli.

#3 Sekadar Mampir

Ada juga tipe pengunjung toko buku yang sekadar mampir ke toko buku hanya ingin melihat-lihat koleksi buku saja. Kalau memang ada yang menarik ya dibeli kalau tidak ya tidak masalah. Karena tujuannya bukan untuk membeli tetapi untuk melihat koleksi-koleksi buku.

Bahkan untuk sekedar mencari tahu buku yang akan dibelinya nanti jika sudah ada dana. Pengunjung semacam ini memang kerap ditemui.

#4 Baca di Tempat

Kalau kamu pernah melihat pengunjung toko buku yang sedang asyik duduk di sela-sela rak sambil membaca buku, berarti orang itu termasuk tipe ini, yaitu tipe yang ingin baca di tempat. Mereka sebenarnya tidak membeli buku, tetapi hanya ingin membaca buku secara gratis.

Ada beberapa alasan mereka melakukan itu, bisa karena belum ada dana, atau bisa juga ingin melihat bagaimana cerita yang ada dibuku itu.

#5 Mencari Diskon

Tipe terakhir adalah pengunjung yang datang hanya ingin mendapatkan diskon buku murah. Ya, meski harga buku sebenarnya tidak mahal-mahal amat, tetapi jika ada promo diskon tetaplah menarik para pengunjung macam ini. Lumayan dengan adanya diskon bisa beli banyak buku.

Dari beberapa tipe pengunjung toko buku di atas, apakah kamu salah satu diantaranya? Jika iya silahkan tulis di kolom komentar kamu tipe yang mana. 🙂 Apapun itu tipe kamu, yang penting tetaplah membaca buku.