Tahukah kamu bahwa ada buku-buku yang memiliki harga sangat mahal? Bukan ratusan ribu rupiah, tetapi bahkah ratusan milyar. Sudah pasti buku-buku seperti itu memiliki nilai yang sangat berharga sekali. Bukan dari sisi isi bukunya saja tapi juga sejarah dari keberadaan dan kepemilikan buku tersebut.

Supaya sobat BukuPedia tahu apa saja buku-buku yang mahal itu, berikut kami informasi beberapa diantaranya. Semoga bisa menjadikan sumber informasi yang positif.

1. Codex Leicester

(Foto: Artnet)

(Foto: Artnet)

Tahukah harga dari buku ini? Harganya adalah Rp 409 miliar. Ya, harganya memang sangat fantastis. Lalu ini buku siapa? Codex Leicester adalah buku hasil karya dari Leonardo Da Vinci. Ini adalah karya bukunya yang paling terkenal dari 30 karya ilmiahnya.

Buku ini sekarang sudah menjadi milik Bill Gates, dulu di tahun 1994 ia membelinya dari hasil lelang Christie di New York. Buku Codex ini juga pernah dimiliki oleh tokoh-tokoh ternama seperti Thomas Coke, Giovanni della Porta, Armand Hammer, dan Giuseppe Ghezzi.

Kira-kira kalau kamu uang segitu, mau tidak memiliki buku ini?

2. Magna Carta (Exemplar)

Sebagian orang mengenal buku ini dengan nama Magna Carta Libertatum yang memiliki arti ‘Piagam Besar dari Kebebasan’. Buku ini dikeluarga pada 15 Juni 1912 di Inggris.

Berisi tentang perselisihan Paus, King John dengan Baron-nya atas hak raja.

Salinan buku ini, Magna Carta 1297 telah dibeli oleh David Rubenstein dengan harga Rp 283 miliar. Sehingga membuat buku ini menjadi buku yang mahal.

3. ST Cuthbert (Stonyhurst Gospel)

Buku ini dihargai Rp 190 milir. Ini merupakan buku injil yang ada pada awal abad ke 8. Memiliki ikatan yang terbuat dari kulit dan memiliki hiasan yang bagus. Jangan kaget kalau melihat tebalnya, ya, buku ini memiliki ukuran 92 centimeter dengan 138 halaman.

4. Bay Psalm Book

Bay Psalm Book

(Foto: Reuters)

Ini adalah buku pertama yang dicetak di Amerika Utama. Bay Psalm Book ini juga memiliki harga yang sangat mahal, yakni Rp 188 miliar. Di cetak pada 1640. Beberapa mazmur yang ada di dalam buku ini telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

5. Rothschild Prayer Book

Buku ini pernah dibeli dengan harga Rp 180 miliar. Pernah dipamerkan di Perpustakaan Nasional Australia di Wina. Tahun 2014 dibeli pengusaha Australia bernama Kerry Stokes. Buku ini memiliki 254 lembar.

6. Gospels of Henry The Lion

Buku yang pernah dibeli dengan harga Rp 155 miliar ini dianggap sebagai mahakarya iluminasi buku Romanes abad ke-12. Dalam sejarahnya, buku ini dibuat dan diberikan kuasa ke Saxony Duke sebagai uparaca Perawan Maria di Gereja Abbey St Blaise.

7. The Birds of America

Buku yang dibuat oleh seorang pelukis bernama John James Audubon ini memiliki pernah dibeli dengan harga Rp 152 miliar. Bukunya berisi seputar ilustrasi jenis burung yang ada di Amerika Serikat. Diterbitkan pertama kali pada 1827 dan 1838 dalam bentuk series di Edinburgh dan London.

8. Canterbury Tales

Buku yang berisi cerita kisah nyata tapi juga ada yang fiksi ini ditulis oleh Geoffrey Chaucher di abad ke-14. Pernah dibeli dengan harga Rp 99 miliar.

9. Shakespeares Comedies, Hostories & Tragedies

Setelah kepergian William Shakespeare, buku ini dicetak pertama kali di tahun 1623. Berisi 36 drama dan buku ini sudah dicetak hingga 220 eksemplar. Uniknya hanya 40 dari jumlah seluruhnya yang berisi lengkap. Buku pernah dijual dengan harga Rp 81 miliar.

10. Gutenberg Bible

Ini adalah buku besar pertama yang dicetak menggunakan logam dan diproduksi secara massal di Eropa. Dengan adanya buku ini menandakan dimulainya Revolusi Gutenberg. Banyak pujian dari masyarakat karena kemunculan buku ini. Karena buku ini benar-benar berkualitas dan memiliki estetika serta artistik yang tinggi. Dijual dengan harga Rp 65 miliar.

sumber referensi : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/17/196/1899540/10-buku-paling-mahal-di-dunia-paling-murah-rp65-miliar