Apakah Anda suka membaca buku?  Jika iya, pernahkah terlintas di pikiran Anda bahwa book-reader juga memiliki berbagai tipe sesuai dengan kebiasaan dan preferensinya dalam memilih bacaan. Sebagai seorang book-reader, tak ada salahnya melihat deretan tipe pembaca buku berikut ini.  Coba cek, which one are you?

The ‘All You Can Read’

Tipe pembaca yang membaca segala jenis buku masuk ke kategori ini. Mau itu novel romance, horror, misteri, biografi, psikologi, komik, apapun akan dia lahap. Tipe ini bisa menyelesaikan buku dengan cepat. Jadi dalam waktu yang singkat, bisa jadi mereka sudah menyelesaikan beberapa buku sekaligus.

The Selective Reader

Kebalikan dari yang di atas, tipe selective reader ini adalah mereka yang tidak sembarangan baca buku dari banyak genre. Mereka hanya membaca buku-buku yang memang mereka minati. Baik itu jenis buku atau penulis tertentu saja. Biasanya kalau mereka ditawari membaca buku yang tidak mereka minati, mereka akan menolaknya dengan alasan tidak sesuai selera. Namun jika mereka ditawari buku yang sesuai dengan minat, maka dengan senang hati mereka akan membacanya.

The Trend Reader

Tipe yang satu ini biasanya membaca buku-buku yang sedang trend saja. Mereka hanya mengikuti bacaan-bacaan yang sifatnya sedang hits dan ramai diperbincangkan. Jika ada buku best seller yang sedang ramai dibicarakan, cocok sekali membahasnya dengan mereka karena mereka pastinya juga membaca buku best seller tersebut.

The ‘Buy Now, Read Later’

Wah, tipe yang satu ini sepertinya seringkali kita temui. Tipe ini adalah mereka yang sangat bersemangat dalam membeli buku tapi tidak sempat dibaca. Tak jarang tumpukan buku di rumah mereka semakin tinggi dan tak tersentuh. Tak jarang tipe ini baru membaca buku mereka setelah sekian lama dibeli.

The ‘Spoiler-Friendly’

Jika kebanyakan orang umumnya membaca buku sesuai dengan alur, dari satu bab ke bab lain. Namun ternyata ada lho tipe pembaca yang nggak sabaran dan super penasaran dengan ending dari suatu buku. Jika mendapatkan rekomendasi buku dari teman, mereka ini biasanya sering bertanya, “Endingnya seperti apa? Happy ending nggak?” Tipe-tipe ini tidak keberatan dengan adanya spoiler. Malah justru mereka suka mengintip bab-bab terakhir untuk mengetahui akhir kisah buku yang mereka baca.

The Moody Reader

Tipe ini adalah mereka yang membaca buku hanya saat suasana hati sedang mendukung. Jika sedang mood, mereka bisa saja melahap beberapa buku sekaligus. Jika sedang tidak mood, tumpukan buku tak akan disentuh sama sekali. Begitupula dengan genre bacaan. Bisa jadi pagi ini mereka mencari buku-buku misteri dan sorenya mencari komik lucu.

 

Selain beberapa tipe di atas tentunya ada berbagai tipe lainnya. So, which one are you? Share with us!