Ketika akan melamar pekerjaan, sudah pasti pihak perusahaan menginginkan Anda untuk mengirim surat lamaran pekerjaan. Tetapi tidak hanya itu saja, Anda juga harus mengirim CV (Curriculum Vitae) agar pihak perusahaan mengetahui diri Anda secara umum.

Yang jadi masalah adalah, kadang pelamar salah persepsi. Disuruh mengirim CV eh malah mengirim Resume, atau malah sebaliknya. Padahal CV dengan Resume itu jelas beda.

Jangan-jangan Anda belum tahu bedanya CV dengan Resume? Kalau belum tahu, ini perbedaan keduanya.

Curriculum Vitae

Oke, kita mulai dari Curriculum Vitae (CV) atau dalam bahasa Indonesianya adalah Riwayat Hidup. CV ini merupakan gambaran umum tentang diri Anda. Biasanya di dalamnya terdapat informasi data diri Anda seperti tanggal lahir, tinggi badan, alamat, dan lain-lain.

Selain itu di dalam CV juga berisi mengenai jenjang pendidikan, karier, pengalaman-pengalaman Anda serta prestasi yang pernah didapatkan. Misalnya Anda pernah punya pengalaman berorganisasi, bisa dituliskan di CV.

Di dalam CV itu cara penulisannya juga berurutan. Misalnya untuk pendidikan, bisa ditulis sejak SMP, terus SMA, terus kuliah di mana jurusan apa. Intinya penyajiannya secara kronologis waktu.

Nah, biasanya CV ini juga bisa dituliskan lebih dari satu lembar. Apalagi jika punya pengalaman yang cukup banyak dan memang data yang ingin disampaikan panjang.

CV dengan Resume

Resume

Jika CV merupakan gambaran untuk tentang diri dan prestasi Anda, maka Resume merupakan bentuk informasi tentang diri Anda yang lebih spesifik dan ringkas. Resume biasanya hanya terpatok pada informasi bidang yang akan dilamar.

Misalnya Anda ingin melamar pekerjaan sebagai Desain Grafis, maka Resume Anda berisi informasi tentang pengalaman serta yang utama keahlian Anda dalam bidang desain. Bidang ini kan cukup luas, nah Anda bisa menuliskannya di Resume secara spesifik. Seperti penguasaan Adobe Photoshop bagaimana, kemampuan membuat ilustrasi, dll.

Jadi Resume itu lebih ditujukan untuk posisi yang diinginkan. Sehingga ketika pihak perusahaan membaca Resume, akan fokus pada kemampuan Anda dibidang yang dilamar.

Dalam penulisan Resume ini pun disarankan juga tidak lebih dari 1 halaman. Karena isinya juga tentang bidang yang dilamar. Untuk mengatasi supaya tidak lebih dari satu halaman, biasanya dibuat dengan model grafis yang menarik. Bukan sekedar tulisan teks yang bakal bisa beberapa halaman.

Buku terkait : 101 Resume Terbaik untuk Menjual Diri Anda

Jadi itu sedikit informasi mengenai perbedaan CV dengan Resume. Jangan sampai salah ketika akan melamar kerja. Pastikan membaca persyaratannya, apakah disuruh mengirimkan Resume atau CV. Kalau memang tidak ada kejelasan disuruh mengirim apa, sebaiknya Anda kirim dua-duanya. Tapi pastikan dibuat dalam file terpisah, jangan satu file untuk CV dan Resume.