Apakah Anda pernah mendengar tentang Revolusi Industri 4.0? Revolusi ini dicetuskan di Jerman, bahkan akan merambah ke beberapa negara lain juga, seperti Indonesia. Kita bisa melihat bahwa pembahasa Revolusi Industri 4.0 juga sedang marak di masyarakat. Memang hal ini dilakukan agar kita bisa berbenah untuk mempersiapkan kebutuhan yang relevan dengan tantangan di masa depan, terutama pada bidang pendidikan.

Lalu mengapa dunia pendidikan harus berbenah demi menghadapi hal ini? Coba simak beberapa alasan di bawah ini.

Teknologi yang berkembang pesat

Dari indikator Revolusi Industri 4.0, sebenarnya kita dapat memerhatikan secara seksama jika di era itu sistem kehidupan nantinya akan didominasi oleh sistem digital berupa IoT (Internet of Things) dan sistem sejenis lainnya. Otomatisasi yang lebih canggih akan bertebaran dalam perangkat yang digunakan dalam keseharian. Sebisa mungkin teknologi ini bisa menjadi barang yang membawa dampak positif, bukan sebaliknya kepada generasi muda. Sehingga pendidikan memang harus bisa menyentuh para pelajar yang sudah terpengaruh dengan gadget.

Perubahan pada karakteristik pekerjaan

Jika melihat tujuan pendidikan, salah satunya ialah masalah pekerjaan. Seseorang mengenyam pendidikan untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dengan adanya kemajuan teknologi yang begitu pesat, peluang lapangan pekerjaan baru pun bisa muncul semakin banyak. Namun sebaliknya, ada juga ancaman berupa hilangnya pekerjaan yang sudah tidak dibutuhkan alias tidak relevan lagi bagi kebutuhan zaman.

Pendidikan menjadi persiapan untuk hidup

Percayakah Anda bahwa pendidikan sejatinya merupakan persiapan untuk hidup. Seharusnya kita sebagai manusia harus memandang esensi dari pendidikan itu sendiri. Banyak manusia yang berlomba-lomba untuk sekadar bersaing dengan manusia lain, misalnya saja ingin mendapatkan nilai tinggi, ingin mendapatkan juara, dan masih banyak lainnya. Apakah hal ini salah? Tentu tidak juga.

Namun sebaiknya Anda memandang pendidikan sebagai upaya untuk mempersiapkan kehidupan, misalnya saja mencoba bertahan dari berbagai ujian kehidupan. Pendidikan seharusnya memang harus bisa mengajarkan kepada kita bahwa kegagalan merupakan hal yang wajib dirasakan oleh semua orang. Ingat, bangkit dari kegagalan akan jauh lebih berharga daripada tidak pernah merasakan gagal sama sekali.

Itu tadi beberapa alasan mengapa pendidikan wajib berbenah demi menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang kita hadapi ini. Bagaimana menurut Anda? Sebenarnya semuanya harus diubah mulai dari pemikiran kita terlebih dahulu. Baru setelah ini benar-benar memahami apa esensi dari pendidikan tersebut.