Setiap orang tidak lepas dari tulisan. Mulai dari sekedar menulis pengalaman di blog atau status di social media, mengerjakan tugas sehari-hari, meninggalkan comment di forum, sampai membuat buku untuk diterbitkan. Bagi para penulis pemula, menerbitkan buku adalah sebuah tantangan tersendiri. Bagaimana tips agar naskah Anda diterima dan diterbitkan?

Tentukan Tema

Dalam menerbitkan buku, tulisan Anda harus memiliki tema dan isi yang cukup menjual. Tema-tema yang diminati masyarakat tentunya secara umum akan lebih menarik banyak pangsa pasar. Jika tema buku Anda tidak menarik, kemungkinan besar naskah akan dikembalikan. Kalaupun ada penerbit yang menerima naskah Anda, bisa jadi hasil penjualannya tidak sesuai harapan karena kurangnya pangsa pasar yang melirik tulisan Anda.

Pikirkan Keunikan

iMessage-Typing-Indicator-in-CSS

Tema yang umum bukan berarti Anda membuat buku yang pasaran. Ketika sebuah tema atau genre menjadi trend, ada kecenderungan kalau penulis berebut mencoba keberuntungan merambah tema tersebut. Jika karya Anda tidak memiliki keunikan, maka karya Anda akan dianggap sama dengan karya-karya lainnya. Anda bisa membuat keunikan mulai dari cara penulisan yang berbeda, selipan cerita tak terduga, alur yang menarik, sanggup memancing emosi pembaca, atau hal lainnya yang bisa menonjolkan karya Anda diantara tema serupa. Memang agak sulit dalam memikirkan keunikan ini, tapi jika Anda menemukan keunikan maka naskah Anda akan lebih bernilai.

Banyak Membaca dan Berlatih

read

Jika Anda suka menulis, pastinya Anda suka dengan dunia buku. Cobalah membaca karya-karya penulis yang sudah tenar. Pelajari bagaimana penulisan mereka sehingga enak dibaca. Setelah itu banyak berlatih, mulai dari di blog, mengikuti forum-forum penulis, dan meminta saran dari para pembaca.

Gunakan Kata dan Kalimat yang Tepat

magicbook

Penggunaan EYD yang tepat adalah hal yang mendasar. Selain penggunaan EYD yang tepat, Anda juga harus memilih kata-kata dan menyusunnya menjadi kalimat yang powerful dan memiliki kekuatan ‘magis’ yang mampu menghipnotis pembaca. Di situlah seninya menulis. Buat seolah tulisanmu memiliki karakter dan kekuatan, sehingga membuat pembaca betah untuk terus mengikutinya.

Optimalkan Sinopsis

Sinopsis menjadi salah satu daya tarik sebuah buku. Jika kesan yang muncul dalam sinopsis Anda dianggap lemah, bisa jadi akan menurunkan nilai terhadap naskah Anda. Manfaatkan sinopsis secara optimal sehingga menciptakan kesan pertama yang mencuri perhatian tim penerbit.

Ikuti Persyaratan dari Penerbit

checklist

Setiap penerbit biasanya memiliki persyaratan tersendiri dalam penerimaan naskah. Mulai dari aturan dasar seperti margin, minimal halaman, tata cara pengiriman naskah, begitupula dengan preferensi naskah yang mereka terbitkan. Ada penerbit yang khusus mencari naskah novel romance, cerita anak-remaja, dan lainnya.

Selanjutnya? Mulailah menulis! Tulis dulu saja apa yang ada di kepala Anda. Setelah itu barulah kembangkan sesuai dengan tips-tips di atas.

Anda memiliki naskah dan ingin menerbitkannya? Cari tahu caranya!