Bagi yang sedang mencari lowongan pekerjaan, pasti akan sangat antusias jika ada event Job Fair. Adanya event seperti ini seakan surganya bagi para pencari kerja. Ya meskipun faktanya tetap tidak semuanya bisa mendapatkan kerja, tetapi paling tidak dengan adanya Job Fair bisa mencari pekerjaan yang sesuai dari berbagai perusahaan di satu tempat saja.

Sayangnya, kesempatan yang menarik ini tidak bisa dimaksimalkan oleh para pencari kerja. Banyak yang gagal karena alasan-alasan sepele. Seperti tidak membawa dokumen secara lengkap, copy dokumen habis, dan lainnya.

Nah kali ini Blog Bukupedia ingin berbagi informasi dan tips kepada kamu yang ingin melamar kerja di Job Fair. Pastikan untuk selalu menyiapkan kebutuhan selama di sana dengan baik dan cermat. Ada beberapa hal yang perlu kamu bawa dan persiapkan.

1. Cari tahu Job Fairnya seperti apa

Kamu perlu cari tahu dulu sebelum berangkat ke Job Fair. Pastikan Job Fairnya banyak perusahaan yang ikut atau tidak. Kemudian apakah event ini berbayar atau gratis. Kemudian apakah hanya Job Fair di bidang tertentu atau umum. Hal-hal seperti ini wajib kamu ketahui dulu, agar nanti ketika datang ke Job Fair tidak kecewa atau salah kira.

Misalnya saja event Job Fair ini khusus untuk bidang IT, padahal kamu bukan orang yang berlayar belakang di IT, dan memang tidak ingin bekerja di bidang IT. Tentu itu tidak akan sesuai.

Kamu juga perlu mengetahui siapa penyelenggaranya, apakah dari dinas pemerintah atau swasta.

Bagi penyandang disabilitas, juga perlu mengecek informasi Job Fair ini, apakah ada lowongan atau perusahaan yang menerima penyandang disabilitas atau tidak.

Jumlah perusahaan yang ikut apakah perusahaan besar atau kecil. Karena ini akan berkaitan dengan cara kamu nanti dalam mempersiapkan diri serta persiapan dokumennya.

2. Mempersiapkan dokumen yang lengkap

Kamu perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang berkaitan. Dokumen seperti CV, Surat Lamaran, dan dokumen-dokumen pendukung seperti Ijazah, SKCK, dll wajib di bawa di copy legalisir. Karena kita tidak tahu perusahaan mensyaratkan apa saja.

Owh ya, jangan lupa juga membawa dokumen dalam bentuk soft file yang disimpan di flash disk. Ini untuk jaga-jaga kalau ada perusahaan yang meminta bentuk soft file atau memang kamu butuh untuk mencetaknya.

Susun dokumen dengan rapi, dan tetap dalam standard. Agar lamaran Anda bisa diterima.

3. Persiapkan diri dan mental untuk Walk-in Interview

Biasanya dalam Job Fair juga ada perusahaan yang langsung meminta walk-in interview. Hal seperti ini dikarenakan pihak perusahaan memang sedang butuh pegawai dalam waktu yang singkat dan yang siap untuk bekerja.

Jadi pastikan kamu mempersiapkan diri untuk walk-in interview. Jangan sekadar mengunggulkan dokumen, tetapi kesiapan diri kamu lebih penting. Karena walk-in interview ini waktunya terbatas, jadi kamu perlu memaksimalkannya dengan memberikan informasi kemampuan diri kamu.

Buku rekomendasi untuk kamu : 80 Q&A: Job interview, Jalur Cepat Lolos interview

4. Gunakan Pakaian yang layak

Pakaian yang layak di sini maksudnya layak untuk digunakan dalam melamar kerja. Pakaian tidak hanya rapi, tetapi juga mencerminkan pegawai yang baik. Apalagi jika nanti ada walk-in interview, penggunaan pakaian sangat penting. Dalam job fair ini kadang perusahaan juga tidak hanya melihat dokumen dan kemampuan kamu, tetapi juga bagaimana kamu bersikap saat melamar dan melihat penampilan kamu.

5. Tetap berdoa dan percaya diri

Teruslah berdoa agar prosesnya lancar dan kamu bisa mendapatkan pekerjaan di Job Fair tersebut. Tetap percaya diri, karena percaya diri akan menumbuhkan keyakinan positif di diri kamu. Sehingga kamu tidak akan minder atau malu atau bahkan gagal fokus.

Ketika mengikuti job fair, kamu akan berhadapan dengan banyak orang yang juga ingin mendapatkan pekerjaan. Jadi pastikan kamu menjadi orang yang siap dan terlihat beda. Beda dalam arti positif, karena yang beda akan membuat lainnya terlihat sama dan kamu akan lebih berkesan di hadapan para perusahaan.