Presentasi adalah hal yang krusial, khususnya jika presentasinya untuk keperluan bisnis. Presentasi merupakan pemaparan informasi yang akan kita sampaikan ke audiens. Jika dalam pemaparannya tidak jelas, maka informasi yang disampaikan juga tidak akan diterima. Untuk itu perlu adanya persiapan sebelum presentasi dimulai.

Bagi yang sedang masa belajar (kuliah) pasti juga sangat sering disuruh presentasi. Faktanya cara mereka presentasi sangat tidak sesuai dengan metode presentasi yang benar. Kebanyakan hanya seperti membaca ulang informasi yang tertampil di slide presentasi. Jelas ini menjemukan.

Nah, supaya presentasi tidak menjemukan, dan tetap mengundang antusias audiens sebaiknya sebelum melakukan presentasi, perlu dipersiapkan beberapa hal berikut :

1. Mengenali tujuan dari presentasi

Setiap presentasi pasti punya tujuan. Apakah itu untuk memperkenalkan produk, pengajuan penawaran bisnis, memberikan informasi edukasi, dan lain-lain. Sebagai orang yang akan mempresentasikan, tentu Anda harus tahu dulu tujuannya apa.

Ini sangat penting untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya. Dan ini juga memudahkan Anda nanti ketika menyampaikan isi dan tujuan kepada audiens. Kalau Anda tidak tahu apa tujuannya, jangan harap audiens akan mendapatkan inti sari dari presentasi Anda.

2. Siapa Audiensnya?

Kalau sudah tahu apa tujuannya, selanjutnya adalah mengenali siapa audiens. Mengenali audiens ini sangat penting untuk menyusun materinya nanti dan menentukan gaya bicara hingga pakaian yang akan dikenakan. Kalau audiensnya dari kalangan pebisnis, jelas Anda perlu memiliki gaya bicara yang tegas dan lugas. Kalau audiensnya anak muda, Anda bisa menyampaikannya dengan sentuhan canda tawa ala remaja.

Audiens Presentasi

image via : Shutterstock

Buku rekomendasi : Communication Skills “sukses Komunikasi, presentasi Dan Berkarier”!

3. Membuat materi presentasi

Sudah tahu tujuan, target audiensnya, kemudian siap untuk membuat materi presentasi. Ingat, presentasi yang menarik bukan yang terlalu banyak tulisan di slidenya. Slide presentasi sebaiknya berisi poin-poin penting yang akan disampaikan. Penjabarannya jelas harus Anda yang menyampaikannya secara verbal. Untuk itulah keahlian dalam berbicara sangat menentukan disaat presentasi.

Materi presentasi juga jangan dibuat menjemukan. Buatkan desain materi yang menarik, dan diberi gambar-gambar ilustrasi pendukung yang relevan.

Materinya harus disesuaikan dengan tujuan dan target audiens agar informasi yang ingin dikirim bisa tersampaikan dengan baik. Jangan lupa juga untuk membuat materi yang berdasarkan data. Karena audiens sangat senang melihat presentasi yang menyuguhkan data-data nyata dari sebuah kejadian.

4. Buat Desain Slide yang menarik

Sudah disampaikan di poin 3, bahwa slide presentasi yang tidak hanya berupa tulisan – tulisan saja. Apalagi yang tulisannya panjang. Tidak seperti itu. Slide presentasi ini hanya memunculkan poin-poin pentingnya saja, dikemas dengan desain yang relevan, ditambah gambar / audio / video yang relevan itu akan membuat audiens tetap fokus pada presentasi Anda.

Slide Presentasi

image via : envato.com

Buku rekomendasi :

5. Latihlah Cara Presentasi Anda

Percuma desain slide presentasi menarik dan interaktif tapi dalam penyampaiannya Anda sangat kaku. Sebaiknya Anda lakukan latihan cukup untuk mengenali poin-poin yang ada di setiap slide. Latihan ini juga bertujuan untuk mematangkan materi yang ingin Anda sampaikan nanti.

Pastikan cara menyampaikannya sesuai dengan target audiens, agar para audiens tidak jenuh mendengar presentasi Anda.

6. Siapkan alat-alat pendukung

Demi kelancaran saat presentasi, pastikan seluruh peralatan pendukung sudah disiapkan. Laptop untuk presentasi disiapkan dalam kondisi normal tidak bermasalah. Pastikan untuk tetap dicharger agar laptop tidak mati mendadak saat presentasi.

Anda juga perlu membuat cadangan file presentasi di perangkat lain seperti smartphone atau flash disk. Ini untuk berjaga-jaga jika ada trouble di laptop. Anda juga bisa mempersiapkan laser pointer untuk memudahkan dalam menjelaskan poin-poin dalam slide.

7. Siapkan diri dan mental

Kalau masalah teknis sudah beres, sekarang giliran Anda menyiapkan diri dan mental Anda. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan, jangan sampai ketika waktunya presentasi Anda malah kurang fit. Mental juga perlu dipersiapkan, agar apa yang telah Anda persiapkan sebelumnya tidak hilang begitu saja karena mental down.

Buku rekomendasi : SUKSES PRESENTASI ALA TOKOH-TOKOH HEBAT DUNIA

Ketika presentasi tetap rileks dan fokus. Sesekali ajak audiens untuk berinteraksi, jangan hanya komunikasi satu arah saja. Ini juga akan membuat Anda menjadi lebih rileks dan audiens pun tidak jenuh. Sisipi komedi sedikit untuk membuat audiens tetap bersemangat.

featured image via ethos3.com