Perpustakaan sekolah, notabene digunakan untuk tempat mencari informasi, referensi dan membaca buku-buku yang menambah pengetahuan. Tetapi faktanya perpustakaan sekolah sering disalahgunakan oleh siswa. Hayo, kalau kamu pernah ke perpustakaan tetapi tidak membaca buku pasti tahu.

Suasananya yang tenang dan memang tidak boleh berisik, membuat perpustakaan sebagai tempat ‘ternyaman’ bagi sebagian siswa. Buat yang mau nyari tugas dan membaca tentu ini tempat yang istimewa. Tetapi bagi siswa yang memang tidak niat membaca, perpustakaan juga dijadikan sebagai surganya sekolah.

Nah, mungkin kamu ingin tahu hal-hal apa saja yang biasanya dilakukan oleh siswa saat di perpustakaan. Berikut ini beberapa diantaranya :

#1 Mengerjakan Tugas

Ini salah satu kegiatan wajar yang sering dilakukan siswa saat di perpustakaan selain untuk membaca buku. Entah itu karena disuruh guru atau tidak, tetapi beberapa siswa yang datang ke perpustakaan punya tujuan untuk mengerjakan tugas. Berbekal buku yang ada, mereka mencari jawaban atau referensi dari soal-soal yang diberikan. Biasanya siswa yang data ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas adalah saat jam istirahat atau saat jam belajar mengajar kalau itu memang disuruh oleh gurunya.

#2 Janjian Sama Teman

Masa-masa sekolah khususnya SMA memang penuh rasa, kadang menjadi hal wajar jika ada siswa yang suka sama lawan jenisnya di satu sekolah. Perpustakaan kadang dijadikan ajang untuk bertemu sekadar untuk ngobrol tipis-tipis.

Biasanya tempat favorit adalah di sela-sela rak, sembari memegang buku yang entah dibaca atau tidak.

#3 Ngadem

Perpustakaan identik dengan siswa yang pandai, dan alim. Tetapi yang datang ke perpustakaan tidak semuanya siswa yang suka membaca. Beberapa siswa datang ke perpustakaan untuk ngadem. Karena di perpustakaan ini biasanya terdapat AC dan ruangannya tenang. Sembari belaga membuka buku, siswa tipe ini sebenarnya hanya ingin menikmati suasana sejuknya AC yang ada di perpustakaan.

Apalagi kalau cuaca lagi panas-panasnya, perpustakaan bisa jadi solusi untuk ngadem bagi para siswa. Karena asyik ngadem, kadang ada yang ketiduran juga.

#4 Mangkir dari Kegiatan Belajar Mengajar

Ada juga siswa yang bandel, lantas menjadikan perpustakaan sebagai tempatnya untuk mangkir dari kegiatan belajar mengajar. Dengan alasan mengerjakan tugas, siswa tipe ini sebenarnya hanya ingin lari dari kegiatan belajar mengajar yang diampu oleh salah satu guru. Entah tidak suka mata pelajarannya, atau tidak suka dengan cara gurunya mengajar.

Tentu yang seperti ini tidak patut untuk dicontoh.

Jadi kamu pernah melakukan yang mana? 😀 Meskipun ada plus minusnya, semoga perpustakaan tetap kamu jadikan tempat untuk mencari referensi dan informasi positif.