Hanya dengan perintah suara anda bisa mengontrol seisi rumah, bahkan lebih dari itu.

      Pernahkah anda berpikir jika tempat yang anda tinggali memiliki asistant pintar yang mengatur ruangan anda? Jika iya, mungkin sedikit lagi keinginan anda akan menjadi kenyataan. Saat ini banyak sekali perusahaan yang sedang mengembangkan proyek berbasis smart home. Tak terkecuali google, raksasa teknologi ini sepertinya sangat bernafsu sekali untuk terus berinovasi membawa kemajuan pada setiap Hal pada hidup kita. Pada kenyataanya, kita memang dimudahkan oleh ide-ide mereka dan membawanya menjadi sesuatu yang berguna bahkan menyederhanakan hal hal yang tadinya sulit. Ya, itulah teknologi terus maju dan tidak pernah mengalami stagnan.

      Baru baru ini google memperkenalkan salah satu produk mereka yang mereka beri nama “Google Home”. Mendengar kata google home memang terdengar asing di telinga kita, namun percayalah, bukan google namanya jika tidak menciptakan sesuatu dengan inovasi dan ide yang terkandung di dalamnya. Google home adalah produk voice activated untuk memberikan perintah pada google assistant melalui suara untuk membantu mengatur suasana ruangan agar cocok sesuai mood kita melalui speaker yang terkoneksi melalui koneksi wifi.

“If it isn’t on Google, it doesn’t exist….” Jimmy Wales, Pendiri Wikipedia.

Desain menawan dengan segudang kemampuan.

     Smart home speaker buatan google ini memang futuristik dengan segudang kemampuan yang ada di dalamnya . Google home ini akan memberikan pengaturan kepada perangkat-perangkat yang ada di rumah anda menjadi lebih baik, dimulai dari produk seri Nest. Dengan fitur-fitur andalan lainnya seperti pengintegrasian ke semua perangkat google cast-enagled yang ada menjadikan google home layaknya inti dari sebuah sistem. Perangkat ini juga dapat mengecek jadwal penerbangan anda, prakiraan cuaca, mematikan dan menyalakan lampu di rumah anda hanya dengan memberikan perintah suara yang anda buat.

      Google juga membuat perangkat ini menjadi lebih entertaint dengan hadirnya fitur sreaming untuk konten musik atau video seperti : spotify, pandora, youtube,iflix yang akan membuat rumah anda semakin nyaman. Tidak hanya itu, hanya dengan mengatakan “Ok google” layaknya seperti pada android, anda bisa mengatur thermostats dengan perangkat ini tinggal sebutkan saja berapa besaran celcius yang anda inginkan, maka suhu di ruangan anda akan berubah seperti yang Anda mau. Bahkan google home juga bisa memberikan informasi tentang kemacetan di sekitar anda, pergerakan saham terkini, hasil pertandingan sepak bola semalam, agenda yang akan anda lakukan hari ini, bahkan perkembangan perasaan si dia kepada anda.. Eh maaf, itu ga termasuk yaa!!

     Pada bulan oktober lalu,saat ajang “#madebygoogle” produk ini di release. Dipasaran perangkat ini dijual dengan harga $130 atau sekitar 1,7 juta rupiah dan sudah tersedia pada 4 november untuk global, Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi terkait peluncurannya di Indonesia. Kalau dipikir pikir lagi, google home memang lebih murah daripada para kompetitornya dengan spesifikasi yang hampir sama seperti amazon echo. Gimana? Worthed gak?