Apakah Anda termasuk orang yang gemar membaca? Jika iya selamat, Anda tidak hanya mampu melihat dunia tetapi juga mendapatkan hal-hal baru yang bisa mempengaruhi pergaulan Anda.

Membaca itu bukan harus melalui media buku saja, tetapi bisa dilakukan melalui media lain seperti koran, majalah, papan informasi hingga media-media online. Dengan membaca maka kita akan mendapatkan sebuah informasi baru untuk diri kita dan tak jarang informasi itu bisa berguna. Apalagi jika gemar membaca buku yang notabene banyak informasi di dalamnya.

Nah, secara tidak langsung membaca pun bisa mempengaruhi pribadi kita saat dalam pergaulan. Ketika Anda bergabung dalam sebuah komunitas atau perkumpulan baru pun juga akan mudah berbaur jika gemar membaca.

Baca juga : 10 Manfaat membaca yang mungkin belum anda ketahui

Hal ini dikarenakan pola pikir kita menjadi terbuka. Ya, gemar membaca memang membuat pola pikir menjadi terbuka, kita mampu menerima hal-hal baru yang itu belum pernah kita dapatkan. Karena dalam membaca pun kita pasti akan dijejali informasi baru dan kalau kita tidak terbuka pemikirannya, maka sulit untuk bisa menikmati buku bacaan baru.

Wawasan membuka pergaulan

Orang yang suka membaca (apapun itu), di otaknya akan banyak sekali informasi. Dari informasi terkini hingga informasi yang telah lalu. Ketika masuk dalam pergaulan pun bisa langsung cair, karena wawasannya luas dan selalu update informasi. Itu semua berkat gemar membaca.

Orang yang gemar membaca tidak harus menjadi sumber informasi utama dalam sebuah pergaulan. Justru dari situ bisa memicu obrolan-obrolan baru yang bersumber dari informasi yang telah didapatkannya dari membaca.

Misalnya ada sebuah obrolan yang membahas mengenai kopi, meskipun tidak mengerti tentang kopi berkat pernah membaca sebuah artikel tentang kopi dari situ bisa melontarkan pertanyaan seputar kopi. Dari situ seseorang akan mudah diterima dalam sebuah pergaulan. Itu jika pergaulannya diisi oleh orang-orang yang intelektual.

Baca juga : Kebiasaan Membaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan

Jika pergaulan yang memang di dalamnya ada orang-orang yang kurang update informasi pun tetap bisa diterima. Karena orang yang gemar membaca pasti akan memiliki segudang informasi dan itu bisa dijadikan sumber berbagi informasi yang menarik untuk orang-orang yang tidak banyak informasi.

Membaca Untuk Pergaulan

image via pixabay

Membaca bukan untuk diri sendiri

Banyak yang menafsirkan kalau orang yang suka membaca hanyalah untuk hobi saja, atau hanya dikira orang yang ‘pintar’ saja. Tidak, membaca merupakan jembatan ilmu dan informasi antar sesama.

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, membaca dapat menjadi jalur komunikasi antar orang-orang baru. Buku atau bahan bacaan lain bisa jadi sumber referensi dan informasi penting dalam sebuah pergaulan. Tidak perlu menyuruh orang lain untuk membaca buku, tetapi kita yang gemar membaca bisa menularkan informasi-informasi baru yang didapatkan dari membaca buku.

Baca juga : Membaca novel membuat anda lebih imajinatif, benarkah?

Dan bersyukurlah orang-orang yang gemar membaca buku. Karena dari apa yang Anda baca, akan membuat orang lain menghargai Anda. Ayo membaca buku!