Badan hak cipta dan paten Amerika serikat minggu ini memberikan paten kepada Apple.inc dengan nomor publikasi untuk paten US 2017/0117754 A1 atas eksperimen para ahli dari perusahaan tersebut yang menguji coba pengisian daya nirkabel. Sebuah fitur yang mungkin terdengar kuno disaat banyak perangkat yang telah menggunakannya, terutama android.

      Namun tunggu dulu, hal ini berbeda dari konsep wireless charging yang sudah ada dan banyak dipakai perangkat android. Pengisian daya nirkabel yang dipakai pada perangkat apple  akan mengantarkan tenaga menggunakan sinyal pada pita jaringan 2,4GHz dan 5GHz. Frakuensi tersebut sama dangan frakuensi yang digunakan pada router Wi-fi, penemuan ini berarti membuka jalan bagi setiap perangkat Apple bisa mengisi daya dimanapun asalkan tersedia sinyal Wi-fi yang cukup kuat. Atau mungkin, saat perangkat anda memliki banyak daya, Anda juga bisa memberikan daya keperangkat lain disekitarnya dengan  frekuensi yang sama menggunakan teathering hotspot.

     Seperti semua paten dalam dunia teknologi, ada kemungkinan fitur ini akan muncul pada perangkat-perangkat yang akan diluncurkan dalam waktu dekat namun tidak ada jaminan bahwa fitur ini berhasil dipasaran. Tapi Apple tampaknya bersiap dengan strategi jangka panjang, karena jika dilihat dari paten atas eksperimen yang mereka buat, bahwa konsep pengisian daya nirkabel ini juga berasal dari sinyal yang menghasilkan daya dan diterima oleh antena gelombang milimeter dan menghasilkan frakuensi yang sangat tinggi.

      Banyak perusahaan, termasuk Facebook dan Verizon , mengincar antena gelombang milimeter sebagai cara untuk menghubungkan kota dengan internet super cepat tanpa harus membangun infrastruktur baru.Verizon merencanakan router rumah 5G, dan ini bisa menjadi perangkat penunjang yang  ideal untuk sinyal pengisian nirkabel Apple.

Pihak Apple mengatakan:

“tantangan dapat timbul dalam menerapkan sistem pengisian dan komunikasi nirkabel jika perawatan tidak dilakukan. Kepekaan terhadap ketidaksejajaran antena dan masalah lainnya dapat mempersulit atau mungkin  akan menghambat kinerja yang diinginkan saat mengintegrasikan antena dan struktur lainnya ke dalam perangkat tersebut. Ini tidak seperti pengisian nirkabel yang sudah beredar. Perangkat elektronik yang mentransfer daya secara nirkabel ke perangkat eksternal yang terdiri dari dua hal. Pertama, sirkuit pemindahan tenaga nirkabel. Kedua, antena dual-polarisasi dual-frequency patch yang digabungkan ke sirkuit pemindah daya dan dikonfigurasi untuk mentransfer daya secara nirkabel dari sirkuit pemindah daya nirkabel ke perangkat eksternal.”

tidak hanya apple

Tidak hanya Apple.

       Paten ini didapatkan Apple setelah sebulan sebelumnya Sony juga mengajukan paten untuk konsep pengisian daya yang serupa, bedanya Sony melalui NFC. Jadi, jika ini yang direncakana oleh pihak Apple untuk perangkat yang diluncurkan selanjutnya, kami rasa hal ini adalah hal yang sangat  inovatif. Bisa anda bayangkan, sudah banyak tempat umum yang mempunyai akses jaringan wi-fi, itu berarti anda bisa mengisi daya dimanapun anda berada. Semoga saja fitur ini sudah ditanamkan pada saat iphone 8 nanti launching.