Kalau kamu berniat untuk melakukan upgrade spesifikasi PC/Laptop, atau mungkin ingin membeli perangkat PC/Laptop yang baru, kami sarankan untuk menggunakan SSD juga sebagai media penyimpanannya. Karena faktanya penggunaan SSD jauh lebih menguntungkan dibanding HDD.

Soal harga memang masih terpaut jauh, dimana SSD memiliki harga yang masih mahal, bahkan bisa dua kali lipatnya dari HDD. Akan tetapi jika melihat dari performa yang diberikan, Solid State Drive (SSD) akan memberikan pengalaman berbeda yang lebih baik bagi kamu ketika mengoperasikan komputer.

Sekarang ini pun banyak laptop yang sudah dibekali SSD. Ini artinya keberadaan SSD memang sangat menjanjikan. Lalu apa saja sih keuntungan menggunakan SSD ini?

Kinerja Baca Tulis yang Lebih Cepat

Kamu tentu ingin memiliki komputer yang cepat kinerjanya. Ketika membuka aplikasi, menjalankannya, hingga menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi itu dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Nah, salah satu keuntungan menggunakan SSD adalah kecepatan baca tulisnya.

Contoh sederhana yang akan pertama kali kamu rasakan ketika beralih ke SSD adalah proses booting. Ketika komputer dinyalakan dan siap digunakan, kadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Kalau kamu lagi banyak waktu mungkin tidak jadi masalah, tetapi ketika dituntut pekerjaan yang begitu cepat, maka proses booting jadi perhatian.

Dengan menggunakan SSD maka proses booting yang awalnya harus memutuhkan waktu lebih dari 30 detik (saat pakai HDD), kini cukup kurang dari 15 detik. Menggunakaan SSD memang dapat memangkas waktu booting 50-60%.

Dalam hal baca tulis file, menggunakan SSD juga jauh lebih cepat karena kemampuan R/W nya juga lebih tinggi dibanding HDD. Kamu bisa merasakan ketika sedang melakukan rendering video, gaming, atau memindahkan file yang cukup besar.

Kelebihan SSD : Penggunaannya Dapat Menghemat Baterai

Perlu kamu ketahui, komponen yang ada di SSD itu jauh berbeda dengan HDD. Kalau di SSD itu tidak ada lagi cakram yang berputar. Kalau SSD itu sama halnya seperti flashdisk. Cuma dia ukurannya besar dan komponennya jauh lebih baik.

SSD vs HDD

Nah karena tidak ada cakram yang berputar, otomatis penggunaan SSD ini lebih menghemat daya baterai laptop. Wajar jika beberapa laptop yang telah dibenamkan SSD akan menyuguhkan baterai lifetime yang lebih panjang.

SSD Lebih Kokoh dan Awet

Kalau pakai HDD, mungkin ketika perangkat laptop/pc terkena goncangan atau diposisikan tidak rata maka yang terkena dampaknya kadang di HDD nya. Hal ini dikarenakan pada HDD ada piringan/cakram yang berputar. Kalau posisi HDD tidak rata,atau terkena goncangan, maka akan berpengaruh pada komponen cakramnya ini.

Beda dengan SSD, komponennya sangat kokoh dan tahan guncangan. Hal inilah yang membuat SSD lebih awet dibanding HDD.

Baca juga : Cara Mencegah Harddisk Rusak dan Mengamankan Datanya

HDD ketika digunakan terus menerus, kadang akan panas dan kalau panas akan berpengaruh pada HDD nya. Kalau SSD tidak masalah.

SSD Lebih Ramping dan Ringan

Tidak adanya cakram di dalam komponennya, membuat SSD memiliki fisik yang lebih tipis dibanding HDD. Selain itu bobotnya juga ringan. Ini akan berdampak pada bobot keseluruhan laptop yang menggunakan SSD.

Nah, itu beberapa fakta yang menguntungkan jika menggunakan SSD. Untuk sekarang ini, penggunaan SSD masih dikolaborasikan dengan HDD. Dimana SSD di posisikan sebagai drive yang digunakan untuk penyimpanan sistem (file OS dan apps), sedangkan HDD untuk penyimpanan dokumen/data user.

Dengan kolaborasi ini tentu performa komputer akan jauh lebih baik. Nah kira-kira apakah kamu tertarik menggunakan SSD?