Sekarang itu bekerja tidak harus ke kantor atau pegawai kantoran. Kalau kamu punya keterampilan pun sekarang sangat bisa untuk bekerja secara mandiri. Misalnya saja jika kamu punya keterampilan menulis, itu bisa disalurkan dengan menjadi Fulltime Blogger.

Apa itu Fulltime Blogger?

Blogger sendiri merupakan seseorang yang memiliki blog dan aktif mengupdate konten di blognya. Fulltime Blogger adalah orang yang bekerja atau mencari penghasilan dari blog mereka. Biasanya para blogger ini mendapatkan penghasilan dari iklan. Blog sebagai media bisa disisipi iklan, layaknya sebuah televisi atau media cetak.

Seperti itulah cara kerja blogger mendapatkan penghasilan. Lalu dari mana saja sumber penghasilan dari blogger itu?

Ada beberapa sumber penghasilan yang biasanya didapatkan oleh blogger, diantaranya adalah :

  • Google AdSense. Ini merupakan sumber penghasilan yang paling banyak digunakan para blogger. Google AdSense menawarkan layanan distribusi iklan yang bisa ditempatkan di blog para blogger. Google AdSense akan membayar jika blogger sudah memiliki saldo minimal $100.Sistem pendapatannya sendiri adalah CPC (Cost per Click). Blogger akan mendapatkan bayaran jika ada yang membuka iklan yang tampil di blognya. Untuk mendapatkan penghasilan yang besar, maka blogger harus mampu membuat blognya memiliki pengunjung yang banyak. Agar pengunjung banyak, maka konten harus berkualitas. Jadi fokuslah pada konten.
  • Sponsored Post. Ini merupakan model iklan berupa artikel / postingan. Biasanya iklan seperti ini didapatkan langsung dari sebuah brand atau melalui agency iklan. Nantinya blogger membuat sebuah artikel yang diisinya mereview atau mempromosikan produk dari klien tersebut. Dan blogger akan dihargai untuk setiap artikelnya.

Namun, iklan seperti ini tidak rutin didapatkan. Karena itu semua tergantung dari pihak klien, bukan blogger.

Kedua sumber inilah yang sering digunakan para blogger untuk memonetize blognya.

Buku terkait : Meraup Dollar Lewat Blog

Lalu bagaimana jika ingin menjadi Fulltime Blogger?

Saya yakin kamu tertarik karena godaan penghasilan dan kemudahan mendapatkannya. Tetapi yakinlah, apa yang kamu lihat itu tidak seperti yang kamu bayangkan. Menjadi fulltime blogger itu juga butuh pengorbanan dan kerja keras. Tidak mudah mendapatkan uang dari blog.

Untuk itu jika kamu ingin menjadi Fulltime Blogger, sebaiknya lakukan hal ini.

Belajar menulis

Blog adalah media, isinya adalah tulisan dan tulisan itu dibuat oleh blogger. Kalau kamu nggak suka nulis, ya nggak usah jadi Fulltime blogger. Meskipun kamu suka nulis, tetap harus terus belajar. Karena keahlian menulis ini penting. Agar nantinya bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Tidak hanya itu, belajarlah untuk membuat konten artikel yang juga sedang tren. Saat ini tengah banyak ditemui artikel viral, yaitu artikel yang mampu membuat pembaca untuk melakukan aksi di artikel itu, semisal share, like, atau komentar.

Ketahui hal teknis blog

Ketika kamu menjadi fulltime blogger, kamu tidak hanya dihadapkan pada bagaimana membuat tulisan yang bagus, tetapi juga membuat blog yang bagus. Untuk itu kamu perlu mempelajari hal-hal teknis seputar blog. Di internet banyak yang membahas, atau kamu bisa membeli buku-buku seputar blog untuk menambah khasanah tentang blog.

Buat blog lebih dari satu

Karena fulltime blogger hanya bertumpu pada blog untuk menghasilkan uang, maka jangan hanya membuat satu blog. Buatlah blog dengan berbagai genre dengan jumlah yang banyak. Asal bisa memaintenance. Semakin banyak blog maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Tekun dan Konsisten

Ini yang lebih penting. Menjadi fulltime blogger itu tidak mudah. Banyak tantangan dari sisi internal maupun eksternal.

Bergabung dengan komunitas

Sekarang ini banyak komunitas-komunitas blogger, kamu bisa bergabung dan berdiskusi dengan blogger lain tentang hal-hal baru soal blog. Tujuannya agar kamu juga bisa berkembang dan update informasi mengenai blog. Akan sangat bagus jika kamu berkumpul dengan blogger yang sama-sama mencari penghasilan dari blog. Karena tidak semua blogger itu mencari penghasilan dari blog. Ada blogger yang sekedar hobi atau hanya ingin berbagi melalui tulisan saja tanpa memikirkan keuntungan material.