Yang namanya manusia, pasti akan mengalami pasang surut kehidupan. Sama seperti roda yang kadang di atas, kadang juga di bawah. Apapun itu kondisinya, yang paling penting adalah selalu semangat dalam menghadapinya. Tapi itu yang kadang sulit dilakukan orang.

Seseorang biasanya akan bersemangat jika sudah mendapatkan apa yang diinginkan. Tetapi jika waktunya terjun ke bawah, biasanya akan loyo dan tidak bergairah. Padahal mau sedang di atas atau di bawah harus tetap bersemangat. Untuk itu kiranya setiap manusia perlu terus bersemangat di setiap kondisi.

Kali ini BukuPedia ingin berbagi cara bagaimana meningkatkan semangat agar hidup benar-benar bisa hidup.

#1 Yakin

Kamu perlu meneguhkan keyakinan bahwa apa yang dialami hari ini bukanlah akhir dari tujuan hidup kita di dunia ini. Yang kita alami hari ini adalah proses untuk menuju ke tujuan hidup kita. Yakinilah itu sehingga akan membuat diri kamu menjadi lebih paham bahwa apa yang kita alami sekarang ini memang sebuah proses yang harus dihadapi.

Tetaplah semangat karena nanti kita akan memetik buahnya dari proses ini.

#2 Percaya

Setelah yakin, kamu juga perlu percaya. Percaya bahwa apa yang kita alami ini sudah ada yang mengaturnya. Tidak perlu terbelenggu dengan mencari kesalahan siapa, yang pasti kita percaya bahwa ini sudah takdir kita. Apa yang kita alami sekarang ini adalah sudah menjadi jalan dan pilihan kita. Untuk itu percayai akan hal ini.

#3 Berbagi dengan orang lain

Ketika kamu sedang tidak bersemangat, janganlah mengurung diri. Cobalah untuk berbagi dengan orang lain. Bukan berbagi masalah yang kamu sedang alami. Tetapi berbagi hal-hal positif yang kamu miliki. Kamu bisa bersedekah atau membantu orang lain yang masih membutuhkan.

Dari sini kamu bisa melihat, bahwa masih ada orang yang lebih membutuhkan di bawah kamu. Sehingga kamu akan lebih bersyukur dalam menjalani kehidupan ini. Kamu akan mendapatkan suntikan semangat yang berharga.

#4 Belajar dari orang lain

Kamu perlu belajar dari pengalaman orang lain. Ketika kamu kurang semangat, jadilah orang yang miskin ilmu. Kamu harus berburu ilmu dan pengalaman dari orang lain yang telah mengarungi asam manis kehidupan.

Kamu juga bisa belajar melalui buku-buku motivasi, bagaimana orang sebaiknya bersikap dan bertindak. Degan seperti ini kamu akan mendapatkan hal baru yang belum kamu sadari.

#5 Terbuka

Kamu tidak bersemangat mungkin karena kamu terlalu egois dan idealis. Cobalah untuk terbuka dan menerima masukan dari orang lain. Jangan sampai kamu termenung sendiri dengan idealismu.

#6 Olahraga

Ya, olahraga adalah aktifitas fisik yang dapat memperbaiki kondisi psikis kamu. Ketika kamu merasa lelah setelah berolahraga, itu akan membuat tubuh kamu menjadi terisi energi baru.

Janganlah berlarut-larut dalam kondisi yang tidak semangat. Karena itu akan membuatmu dikelilingi hal-hal negatif.