Siapa sih yang tidak ingin punya kosakata Bahasa Inggris yang kaya? Secara, sekarang ini Bahasa Inggris sudah banyak digunakan di berbagai media, apalagi banyak buku-buku berbahasa Inggris yang bagus-bagus. Jadi sangat berarti sekali kalau kita bisa meningkatkan kosakata bahasa Inggris.

Dampaknya tentu akan semakin melancarkan pemahaman kita dalam berbicara atau komunikasi bentuk apapun itu dengan Bahasa Inggris.

Akan tetapi tidak banyak orang yang dengan mudah meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Meskipun sebenarnya cara yang paling adalah dengan membaca. Ya, dengan membaca lambat laun dapat menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris.

Tetapi kadang jika hanya membaca saja kurang bisa memahami lebih dalam lagi maksud dari sebuah kata. Apalagi kadang ada kata dalam bahasa Inggris yang maksudnya sama tetapi tulisannya berbeda. Untuk itu ada beberapa cara meningkatkan kosakata bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan. Seperti ini contohnya.

Mempelajari Sinonim dan Antonim

Ya, untuk lebih mudah memahami maksud atau arti tiap kata, kamu bisa mempelajari sinonim dan antonim dari kata-kata yang telah kami ketahui. Dengan seperti itu kamu akan semakin paham maksud dari kosakata yang kamu miliki.

Cara ini cukup efektif dilakukan dan cepat meningkatkan kosakata. Apalagi ketika kamu mempelajari kata sifat atau kata keterangan.

Gunakan Tesaurus

Tesaurus ini adalah buku yang dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk menambah kosakata bahasa Inggris. Tesaurus ini buku yang berisi sinonim dan antonim dari berbagai kata. Tesaurus ini ada yang untuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan lainnya. Tentu kamu perlu cari Tesaurus Bahasa Inggris.

Buatlah Pohon Kosakata

Cara yang unik dan dapat kamu lakukan adalah dengan membuat pohon kosakata. Tetapi bukan pohon-pohon yang bisa tumbuh itu ya, bukan itu. Maksudnya adalah kamu membuat sebuah rangkaian atau kelompok dari sebuah kata kemudian dibuat penjabarannya yang terkait kata tersebut.

Misalnya saja kamu memiliki kata utama bathroom (kamar mandi), nah kamu bisa menghubungkan kata tersebut dengan kata-kata yang ada di kamar mandi, misalnya saja sikat gigi, pasta gigi, air, gayung, shower, sabun, dll.

Kalau awal-awal kamu bisa tulis di sebuah buku catatan, tetapi kamu harus mempelajari ini secara imajinasi. Jadi kekuatan pikiran kamu yang akan bekerja. Dengan seperti ini kamu akan cepat memiliki kosakata baru berbahasa Inggris.

Membuat Bagan Pembentukan Kata

Dalam bahasa Inggris itu satu kata bisa memiliki beberapa bentuk penggunaannya. Misalnya saja untuk penggunakan kata satisfaction berikut ini :

Noun: satisfaction –> The satisfaction of a job well done is worth the effort.
Verb: satisfy –> Taking this course will satisfy your degree requirements.
Adjective: satisfying / satisfied –> I found the dinner very satisfying.
Adverb: satisfyingly –> His mother smiled satisfyingly as her son won the award.

Pola pembentukan kata semacam ini perlu kamu pahami dan memang harus dipelajari secara praktek. Karena yang seperti ini nanti akan sangat berguna ketika kamu mengikuti test TOEFL atau tes lainnya. Bagan-bagan pembentukan kata ini menyediakan konsep kata benda, kata benda pribadi, kata sifat, dan kata kerja.

Gunakan Bantuan Multimedia

Kalau harus selalu membaca dan menulis membuat kamu bosan, boleh diselingin dengan bantuan multimedia. Misalnya saja dengan menonton film yang berbahasa Inggris. Kamu bisa menonton filmnya dan pahami apa yang dibicarakan.

Untuk meyakinkan apa yang kamu dengar, kamu bisa sesekali mengaktifkan subtitle nya untuk mengetahui apa yang dibicarakan.

Untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris kamu, yang pasti kamu harus selalu mempraktekkannya. Bahasa Inggris kamu tidak akan lancar dan kosakata tak akan bertambah jika kamu tidak mempraktekan dan membiasakan.