Sebenarnya tidak ada aturan dalam membaca apakah harus membaca cepat atau pelan. Tetapi kadang-kadang, membaca secara perlahan-lahan itu memang menyenangkan. Ditambah lagi jika diselingi jeda sebentar untuk sekedar minum kopi atau memahami kalimat pada bagian halaman tertentu.

Membaca dengan cepat pun juga tidak salah, bahkan banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika ingin membaca dengan cepat.

Sayangnya tidak semua orang bisa membaca secara cepat. Bisa saja cepat, tetapi tidak bisa memahami apa yang dibacanya dengan baik, jadi malah sekadar membaca. By the way, kecepatan membaca rata-rata kisaran 200-350 kata per menit.

Akan tetapi angka ini tergantung juga dari materi apa yang dibaca dan pengalaman membaca tiap-tiap orang. Penting juga untuk memahami apa yang sedang kamu baca, terlebih ketika kamu meningkatkan kecepatan membaca.

Nah buat yang ingin meningkatkan kecepatan membacanya, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Pratinjau materi yang akan kamu baca

Penting bagi kamu sebelum membaca untuk meninjau materinya. Kamu harus sudah tahu topik apa yang akan dibaca. Ini bisa kamu lakukan dengan melihat judul utamanya, pembagian isi bab, materi relevan lainnya.

Atur tempo membaca

Bukan berarti ketika kamu ingin membaca cepat, dari awal hingga akhir harus cepat terus. Tidak, tidak demikian. Kamu tetap harus bisa menyesuaikan tempo kecepatan membaca kamu saat menemui bagian yang memang dirasa harus diperlambat. Ini berfungsi untuk membuat kamu benar-benar memahami apa yang kamu baca.

Kemudian kamu bisa percepat lagi jika menemui bagian yang dirasa sudah familiar.

Ambil beberapa kata untuk sekali baca

Ini bisa dilakukan dengan mengandalkan indra penglihatan. Saat membaca, mata sangat berpengaruh sekali dalam mengatur ritme kecepatan membaca. Jika mata hanya fokus pada kata per kata, itu sudah biasa. Tetapi jika kamu mengambil beberapa kata dalam baris teks pada satu waktu itu akan membantu sekali dalam mempercepat bacaan kamu.

Tetapi dalam mengambil beberapa kata ini bukan membunyikan setiap kata atau berfokus pada setiap huruf saja. Ini agak sulit tetapi jika sudah terbiasa akan sangat membuat proses membaca lebih cepat.

Ada banyak program komputer yang bisa digunakan untuk membaca pembaca meningkatkan kecepatan membacanya.

Gunakan bantuan alat

Kamu bisa menggunakan jari, pensil atau lainnya untuk membantu fokus kamu terhadap kata berikutnya. Cara ini sudah banyak dilakukan banyak orang, bahkan ketika kita masih kecil sering menggunakan cara ini.

Pilih tempat dan kondisi yang mendukung

Tempat membaca dan kondisi lingkungan di sekitar kamu sangat mempengaruhi konsentrasi membaca. Kalau kamu membaca yang di tengah-tengah kebisingan, biasanya akan mudah terganggu. Suara-suara yang ada akan membuat pikiran kamu mudah terpecah belah, sehingga meskipun mata sudah fokus di tulisan kadang suara-suara dari luar dapat mengganggu.

Praktek. Praktek. Praktek

Cara terakhir adalah praktek terus. Cari juga cara terbaik yang membuat kamu merasa nyaman untuk bisa berlatih membaca cepat. Dan yakinlah meningkatkan kecepatan membaca itu sebagian besar dipengaruhi oleh kebiasaan. Jika kamu sudah terbiasa membaca, biasanya akan mudah dalam membaca dengan cepat.