Jualan online sekarang ini bisa melalui media yang beragam. Tidak hanya perlu membuat toko online sendiri, tetapi memaksimalkan media sosial yang sudah ada juga sangat membantu dalam meningkan penjualan online. Media sosial yang wajib digunakan adalah Instagram. Namun, tahukah kamu cara meningkatkan followers Instagram?

Jumlah followers Instagram itu sangat penting untuk pebisnis online. Sayangnya tidak mudah meningkatkan followers itu bagi pebisnis online yang baru terjun di dunia online. Butuh waktu yang cukup lama untuk pengguna Instagram mau klik tombol follow di akun Instagram pebisnis.

Kali ini Blog Bukupedia ingin berbagi tips tentang itu, yakni bagaimana cara meningkatkan followers Instagram untuk jualan online. Ada beberapa cara yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Atur akun menjadi private

Ya, mengatur akun menjadi private akan membuat orang penasaran dengan isi postingan akun IG kamu. Beda dengan akun yang terbuka, semua orang bisa dengan mudah melihat postingan tanpa perlu follow dulu.

Metode ini cukup ampuh untuk meningkatkan jumlah followers Instagram kamu.

2. Posting secara berkala

Jangan hanya diatur private saja, tetapi juga atur waktu secara berkala untuk posting. Usahakan dijadwalkan sesuai dengan jam-jam ramai ketika orang membuka Instagram. Tetapi ini juga perlu disesuaikan dengan target pasar kamu.

Soal postingan, sebaiknya jangan terus-terusan mempromosikan produk. Postingan foto/gambar lain yang sifatnya bukan berjualan atau mempromosikan produk. Namun, itu masih relevan dengan produk yang kamu jual. Dengan begitu followers yang sudah ada tidak merasa risih melihat postingan IG kamu.

3. Postingan foto yang menarik

Kalau kamu jualan produk pakaian wanita misalnya, coba jangan hanya memposting foto pakaiannya itu saja. Tetapi foto dimana pakaian itu dikenakan oleh model. Jadi coba gunakan model, apalagi wanita yang cantik. Itu secara tidak langsung akan menarik orang untuk memfollow akun IG kamu.

Postingan foto yang menarik ini juga akan membuat orang menjadi ingin melihat koleksi produk-produk kamu.

4. Jangan lupa gunakan #hashtag

Sangat penting ketika memposting foto, pastikan untuk selalu menyertakan hashtag yang relevan dan yang banyak digunakan. Semakin tren hashtag itu, maka semakin besar peluang postingan kamu akan dilihat. Dan ini akan membuat akun kamu dibuka dan mereka akan memfollow akun, karena ingin melihat koleksinya.

5. Like foto dari orang lain

Silakan klik ikon search, maka akan muncul foto-foto yang tren dari orang lain. Coba kamu like foto-foto itu, khususnya untuk akun yang ingin kamu sasar untuk jadi follower. Dengan like foto itu, maka pemilik foto akan mendapatkan notifikasi kalau fotonya di like oleh kamu. Mereka pun ada yang tertarik untuk melihat akunmu ada yang tidak. Nah, harapannya adalah dari situ akan bisa meningkatkan followers.

6. Beriklan

Kalau ingin cepat, cobalah untuk beriklan. Kamu bisa mengiklankan akun IG atau salah satu postingan yang ada. Iklan Instagram ini harus melalui Facebook Ads. Karena Instagram ini memang dimiliki juga oleh Facebook.

Dengan beriklan kamu bisa menarget followers mu dari kalangan apa dan lokasi dimana dll. Sehingga ini akan lebih tertarget.

Buku rekomendasi : Anda Bos-nya, Facebook Dan Twitter Staf Marketing

7. Gunakan Endorsement

Kalau ada budget, kamu bisa bekerja sama dengan para influencer untuk kerja sama endorsement. Cuma kamu juga perlu cermat dalam memilih influencer yang sesuai dengan target.

Itu beberapa caranya, bisa kamu jadikan referensi siapa tahu bisa bermanfaat dan berhasil.