Beberapa hari terakhir ini ada berita dari salah satu artis ternama yang ditangkap oleh pihak berwenang karena mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Obat tersebut diketahui bernama Dumolid, yakni obat insomnia yang memiliki efek sangat kuat dan jika digunakan bisa menimbulkan ketergantuan.

Obat ini sejatinya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi tanpa anjuran psikiater. Hal ini dikarenakan efek yang didapatkan memang cukup berbahaya. Apalagi bagi yang kedapatan memakai obat ini bisa terjerat UU Psikotropika, seperti salah satu artis tersebut.

Nah bisa saja artis tersebut menggunakan obat ini untuk menghilangkan insomnia. Tapi perlu kamu ketahui, mengatasi insomnia itu sebenarnya tidak harus memakai obat. Kamu bisa melakukannya dari hal-hal sederhana yang biasa kamu lakukan sehari-hari yang itu memicu munculnya insomnia.

Berikut ini beberapa cara mengatasi insomnia tanpa harus menggunakan obat penenang.

#1 Menjauhkan gadget dari tempat tidur

Kalau memang Anda sudah ingin tidur, lebih baik jauhkan semua peralatan gadget dari tempat tidur Anda. Ini yang kadang marak terjadi di anak-anak jaman sekarang ini. Mau tidur hingga bangun tidur langsung pegang ponsel. 😀

Perlu diketahui, keberadaan ponsel di dekat tempat tidur kamu akan membuat rasa cemas dan gelisah. Hal ini muncul secara tidak disadari, karena dalam pikiran kamu akan selalu terbayang-bayang notifikasi pesan masuk atau lainnya. Apalagi yang lagi kasmaran, dikit-dikit lihat ponsel.

Jadi, sebaiknya matikan ponsel dan jauhkan dari tempat tidur. Dari sisi medis pun ternyata juga tidak baik. Layar biru yang muncul dari ponsel itu membuat produksi melatonim terhambat. Melatonim ini adalah hormon yang memicu rasa kantuk.

#2 Jangan minum kopi menjelang tidur

Ini yang kadang sulit dihentikan oleh beberapa orang terutama mereka yang tengah dilanda kesibukan tengah malam. Pengen minum kopi supaya tidak ngantuk dan bisa semangat bekerja tetapi nanti justru malah tidak bisa tidur.

Kalau memang kondisinya seperti ini, cobalah untuk mengganti kebiasaan minum kopi dengan yang lain. Karena kafein ini dapat mempengaruhi hormon adrenalin dan kortisol. Hormon inilah yang membuat kamu menjadi susah tidur.

#3 Jangan berolahraga berat 6 jam sebelum tidur

Banyak yang salah mengartikan kalau olahraga di malam hari nanti justru lebih cepat tidur karena badan capek. Tapi kalau olahraga yang dilakukan adalah olahraga berat, efeknya lama-lama kamu malah sulit untuk tidur. Sebaiknya hindari berolahraga berat minimal 6 jam sebelum waktu tidur.

#4 Olahraga dan Istirahat Cukup

Rajinlah berolahraga karena itu akan membuat sirkulasi darah dan semuanya menjadi lancar. Berolahraga juga membuat tubuh menjadi bugar. Selain berolahraga yang cukup, kamu juga perlu memperhatikan pola istirahat. Kalau siang hari ada waktu luang untuk tidur, sebaiknya tidurlah. Itu kalau malam harinya harus bekerja.

Di dalam tubuh kita itu ada yang namanya jam biologis, tubuh kita punya waktu lelah, kalau kita tidak mengimbanginya dengan istirahat cukup maka akan berdampak salah satunya insomnia.

#5 Jangan makan yang berat sebelum tidur

Sebaiknya 4 jam sebelum tidur hindari makan yang berat-berat. Karena itu akan membuat sistem pencernaan kita bekerja terlalu ekstra. Dampaknya adalah kadar gula meningkat sehingga memperlambat produksi hormon yang menyebabkan kantuk.

#6 Kurangi kerja di depan komputer

Kalau kamu memang kesehariannya bekerja di depan komputer, itu juga akan berdampak pada insomnia. Apalagi jika kamu melakukannya hingga tengah malam dan itu dilakukan sepanjang hari. Jadi sebaiknya kurangi kerja di depan komputer menjelang akan tidur.

Insomnia itu adalah penyakit yang bisa timbul karena kebiasaan dan obatnya adalah merubah kebiasaan itu sendiri.