Suka membuat puisi? Coba deh mulai sekarang dipersiapkan untuk diterbitkan dalam sebuah buku kumpulan puisi. Karena sayang kalau puisi yang kamu buat hanya mendekam di buku harian kamu. Siapa tahu dengan menerbitkan puisi yang kamu buat, puisinya bisa jadi inspirasi banyak orang. Dan bisa saja kamu menjadi terkenal.

Gimana? Masih tidak mau menerbitkan puisi?

Menerbitkan puisi itu caranya mudah kok, malah lebih mudah dibanding menerbitkan buku novel atau non fiksi lain. Hal ini dikarenakan puisi memiliki kekuatan orisinalitas yang tidak bisa diedit oleh orang lain. Sehingga ketika kamu sudah punya banyak puisi, ya bisa langsung diterbitkan.

Tapi akan ada baiknya jika kamu mempersiapkannya dengan matang. Sehingga tidak asal diterbitkan saja. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah :

Mempersiapkan Puisi

Tentu yang pertama dilakukan adalah mempersiapkan puisinya. Kamu bisa menulis puisi lagi agar lebih banyak, kemudian bisa mencoba untuk mengelompokkan sesuai dengan temanya. Sehingga nanti kamu bisa punya buku kumpulan puisi tentang cinta misalnya, atau berdasarkan genre lainnya.

Baca ulang semua puisi yang telah kamu buat, tujuannya untuk melakukan revisi jika memang ada yang perlu direvisi. Termasuk merevisi kaidah-kaidah penulisannya.

Dalam menyusun puisi yang telah kamu buat, nantinya tidak harus diurutkan dari puisi yang dibuat dari awal. Kamu bisa menyusun puisi sesuai dengan keterkaitan isi puisinya. Sehingga ketika nanti orang membaca puisi satu ke selanjutnya tidak akan bingung.

Jika kamu ingin menerbitkan puisi sendiri, berarti kamu perlu bantuan profesional untuk membuatkan desainnya hingga editingnya.

Pilih Media Publikasinya

Apakah kamu ingin menerbitkan puisi kamu ini nanti langsung menjadi buku (langsung cetak) atau melalui media lain seperti e-book atau dengan sistem POD (print on demand). Ini perlu kamu perjelas agar persiapannya nanti juga lebih mudah.

Sehingga kamu juga tidak bingung ketika harus memilih penerbit dan percetakan mana.

Atau bisa bekerja sama dengan Bukupedia untuk menerbitkan buku. Baca di sini.

Menerbitkan dalam bentuk e-book, buku atau sistem POD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi kamu juga perlu melihat apa saja keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan.