Beberapa orang yang menyukai dunia tulis menulis kadang ingin memiliki karya berupa buku, entah itu apa genrenya yang penting punya karya buku. Tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Ada yang memang tidak tahu cara memulainya untuk menulis sebuah buku, ada pula yang bingung atau terkendala masalah penerbitannya.

Nah soal menerbitkan buku ini memang agak menyita waktu. Kadang naskah sudah dikirim ke salah satu penerbit, tapi tidak ada kabar juga. Maklum sekarang ini persaingan semakin tinggi, dan buku yang dari sisi marketing dan isi tidak berkualitas akan dikesampingkan.

Kalau begitu berarti tidak ada space buat penulis pemula dong?

Tenang, bagi pemula yang ingin mencoba menerbitkan buku dan punya karya perdananya, sekarang masih bisa merealisasikan mimpinya itu. Banyak cara menerbitkan buku sendiri dengan mudah dan cepat. Bahkan kalau saat ini kamu punya naskah yang siap cetak, bisa kok diterbitkan langsung.

Berikut ini beberapa referensi cara yang bisa kamu lakukan.

#1 Buatlah Naskah yang Siap Naik Cetak

Kalau kamu memang ingin menerbitkan buku sendiri, coba untuk membuat naskah yang siap cetak. Naskah yang siap cetak itu ya mulai dari cover hingga isinya sudah rampung. Ya tidak harus sempurna 100% sih, karena nanti bakal dikoreksi juga dari sisi penerbit. Intinya naskah buku kamu sudah memiliki format dan layout yang mendekati hasil yang diinginkan, seperti itu. Jangan lupa juga untuk menyimpannya dalam format PDF, DOC, atau ODS. Biasanya pihak penerbit menginginkan format itu.

#2 Siapkan Informasi tentang Buku Kamu

Jangan hanya menyiapkan naskah buku saja, tetapi kamu juga perlu menyiapkan informasi tentang buku kamu seperti sinopsinya, editor review, testimonial jika ada. Owh ya jangan lupa juga bagian kata pengantar, pendahuluan, daftar isi/bab, juga perlu kamu siapkan.

Mengapa harus kamu siapkan sejak awal? Ya karena supaya cepat proses penerbitan buku kamu.

#3 Cari Penerbit yang Fleksibel

Kalau kamu mengirim ke penerbit-penerbit besar sendiri mungkin butuh waktu agak lama. Karena nanti naskah kamu akan direview dulu dan lain-lain. Untuk itu carilah penerbit yang fleksibel. Artinya gini, pihak penerbit sudah pasti akan bisa menerbitkan karya bukumu tanpa terkecuali dan memberikan kebebasan bagi kamu sebagai penulis untuk berkreasi.

Ya wajar kalau mungkin nanti ada koreksi, tapi biasanya tidak sebanyak seperti di penerbit besar.

#4 Minta Bantuan pihak ketiga

Kalau kamu kesulitan mencari penerbit, mintalah bantuan pihak ketiga. Sebagai contoh melalui BukuPedia.com. Di BukuPedia.com selain menjual buku secara online, juga membuka kesempatan untuk kamu para penulis untuk bekerja sama dengan BukuPedia dalam hal penerbitan buku.

Kamu akan dibantu dalam hal penerbitan buku dan pemasarannya. Dan kamu tidak khawatir masalah penerbit, karena BukuPedia punya jaringan penerbit yang siap menerima karya buku kamu.

Lagi pula dengan menerbitkan buku di BukuPedia.com kamu akan mendapatakn berbagai fasilitas. Seperti jaminan stok buku yang tidak pernah habis, dukungan pemasaran online yang luas, hingga pilihan penerbitan buku dalam dua versi, cetak atau digital.

***
Dengan cara seperti di atas, kamu sudah bisa menerbitkan buku sendiri dengan mudah dan cepat. Dan tentunya kamu bisa menjadikan ini sebagai tolok ukuran karya perdana kamu. Siapa tahu dengan cara menerbitkan buku seperti ini akan membuat kamu menjadi penulis yang hebat. Silahkan dicoba.