Di era sekarang ini sudah banyak orang yang tahu tentang bagaimana mendapatkan uang melalui online khususnya Google AdSense. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya informasi mengenai mengapa banyak orang yang membuat video di YouTube.

Padahal sebenarnya tidak hanya YouTube saja yang dapat digunakan untuk mencari penghasilan dalam hal ini dollar. Sebelum era AdSense di YouTube digandrungi, blog sudah menjadi media yang banyak digunakan orang untuk mendulang dollar melalui blog dari Google AdSense.

Nah, kalau kamu juga tertarik untuk memiliki blog yang dimonetize, kamu bisa melakukan ini. Apalagi kalau kamu tidak ada ketertarikan dalam membuat konten video di Youtube, Blog bisa jadi solusinya.

Perlu diketahui, sebenarnya untuk mendapatkan dollar melalui blog tidak hanya bisa dilakukan melalui jalur monetize Google AdSense saja. Masih banyak cara lain yang bisa digunakan. Tetapi kali ini kita akan membahasnya melalui Google AdSense.

Google AdSense

Google AdSense sendiri adalah platform advertising yang dapat digunakan oleh publisher untuk mendapatkan uang dengan cara menempatkan atau menampilkan iklan Google di blog kita. Adapun sistem pembayarannya berupa CPC (Cost Per Click) dan CPM (Cost Per Mile) atau bisa disebut CPI (Cost Per Impressions).

CPC ini adalah Google akan membayar ke kita ketika ada iklan yang di klik. Sedangkan CPM adalah Google akan membayar kita per seribu tayang iklan yang muncul di blog kita.

Nah nantinya bayaran per klik dan per mile itu akan dikumpul di saldo AdSense kita, apabila sudah mencapai minimal USD 100 maka bisa dicairkan ke rekening kita atau bisa juga melalui Western Union.

Membuat Blog AdSense

Kami ingin mengingatkan, meskipun nantinya blog yang kamu buat ini akan digunakan untuk mencari penghasilan, tetapi tetaplah fokus pada konten. Berikan konten yang positif dan informatif kepada pembaca. Jangan sekadar membuat konten artikel yang asal-asalan apalagi artikelnya copy paste.

Membuat blog AdSense itu akan lebih baik jika memiliki satu niche atau tema. Misalnya temanya olahraga, ya blog tersebut harus berisi informasi seputar olahraga.

Jadi sebaiknya pilih niche blog yang sesuai dengan kesukaan kamu. Agar nantinya ketika menulis juga bisa nyaman dan menyenangkan.

URL blog, pastikan dalam memilih url blog atau domain blog cari yang bagus dan mudah diingat orang. Domain blog ini nanti bisa sebagai branding blog kamu, jadi jangan asal-asalan dalam memilih.

Perhatikan platform, banyak platform untuk membuat blog gratis, tetapi jika kamu serius ingin menggunakannya sebagai blog AdSense, pastikan kamu membuat blog dengan platform dan hosting sendiri. Kamu bisa menggunakan CMS WordPress dan menyewa hosting yang bagus.

Konten yang berkualitas. Pastikan untuk selalu mengupdate rutin blog kamu dengan konten artikel yang berkualitas. Pelajarilah teknik SEO, agar artikel yang kamu tulis bisa mendatangkan banyak pengunjung dari mesin pencari.

Karena kunci dari keberhasilan Google AdSense pada blog adalah pengunjung. Ketika blog kamu pengunjungnya banyak, maka potensi untuk mendapatkan dollar semakin tinggi.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa belajar dari pengalaman dan referensi buku berikut ini :