Banyak pembaca buku yang ingin mendapatkan buku dengan harga yang murah. Meskipun sejatinya harga buku itu masih terbilang relatif terjangkau, tetapi faktanya ada beberapa kalangan yang memang berasa berat dalam hal ‘dana’ untuk memiliki sebuah buku. Biasanya hal seperti ini dialami oleh kalangan pelajar.

Nah, sebenarnya sangat mudah sekali untuk mendapatkan buku murah (maksudnya lebih murah dari harga pasaran), asal kamu bisa lebih teliti lagi saja saat akan membeli.

Melalui artikel ini Blog Bukupedia ingin berbagi beberapa cara untuk mendapatkan buku yang dengan harga yang lebih murah dari harga pasar. Penasaran dengan caranya? Silahkan simak!

Beli ke kios-kios buku

Ini berbeda dengan toko buku pada umumnya ya, kalau di Solo itu seperti di daerah belakang Sriwedari, atau kalau di Jogja itu seperti Shopping Center. Nah, keuntungan membeli buku di tempat-tempat seperti ini adalah akan mendapatkan harga buku yang relatif lebih murah dari harga pasaran. Bahkan kadang kamu bisa ‘menawarnya’. Cocok nih buat kamu yang doyan nawar. ūüėÄ Tapi ya jangan kebangetan ya, karena margin dari sebuah buku tidaklah besar, jadi kalau ditawar kasihan yang jual.

Beli buku bekas

Kalau ingin mendapatkan buku yang lebih murah lagi, kamu bisa membeli buku yang bekas. Buku-buku bekas banyak di jual di kios-kios buku seperti di poin pertama. Jangan khawatir, buku bekas yang dijual masih layak baca. Bahkan kalau kamu jeli kadang ada yang masih bagus.

Biasanya buku bekas yang masih bagus (like new) merupakan buku yang tidak lolos QC dari percetakan. Misalnya saja ada halaman yang kosong atau ada yang salah cetak sebagain. Tetapi itu tidak mempengahuri tulisan di bukunya.

Datang ke festival buku

Nah kalau kamu ingin borong banyak buku dengan harga yang murah, bisa datang ke acara-acara seperti festival buku atau book fair. Biasanya di acara seperti itu akan banyak sekali diskon buku-buku best seller. Jadikan momen ini untuk membeli buku yang kamu mau dengan harga yang lebih murah.

Rajin-rajin cek promo buku

Kalau kamu termasuk pemburu buku murah, maka harus rajin-rajin cek promo buku baik di toko buku offline maupun online. Biasanya tiap toko buku akan memberikan informasinya melalui media yang mereka miliki.

Misalnya saja toko buku online BukuPedia.com, saat ini sedang ada promo diskon buku hingga 50% dan pembelian yang berhadiah merchandise menarik.

Tentu momen-momen seperti ini harus kamu manfaatkan. Karena jarang-jarang ada promo seperti ini.

Tapi yang paling penting adalah jangan terus-terusan mencari buku murah, ada kalanya kamu harus membeli buku dengan harga yang normal. Apalagi buku tersebut memang bagus bagi kamu dan selain itu juga sebagai bentuk apresiasi bagi penulis. Tahu sendiri kan sekarang lagi ‘hot’ masalah pajak bagi penulis buku? Ya, jadi membeli buku dengan harga yang normal adalah salah satu cara agar penulis bisa eksis.