Kita sudah tahu bahwa harddisk adalah salah satu perangkat komputer yang sangat vital. Tanpa harddisk, komputer tentu tidak bisa menyala. Karena di dalam harddisk ini adalah sistem operasi dan file-file aplikasi yang bisa membuat hardware bisa berfungsi.

Selain berisi file sistem, harddisk tentunya juga digunakan untuk menyimpan file-file dokumen kita, seperti kerjaan kuliah, kantor, koleksi foto-foto saat bersama mantan atau juga menyimpan data-data lain yang sangat penting.

Nah, yang kadang dilupakan pengguna komputer itu adalah bagaimana merawat komputer khususnya harddisk agar awet dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semisal harddisk rusak karena bad sector. Wah itu kalau sudah rusak data-data penting bisa terancam. Masalah sistem operasi dan aplikasi sih tidak masalah, soalnya bisa diinstall ulang, tetapi kalau data-data penting yang tidak ada cadangannya? Tentu nilainya sangat berharga.

Untuk itu sebaikny mulai saat ini kita harus mempersiapkan cara untuk mencegah harddisk rusak agar bisa mengamankan data-data penting kita.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

#1 Jangan mematikan komputer tanpa di Shutdown

Meskipun komputer itu ada tombol powernya, bukan berarti cara mematikannya juga ditekan tombol itu. Ngawur itu namanya. Cara mematikan komputer yang benar itu ya harus melalui menu Shutdown yang ada di masing-masing sistem operasi.

Fungsi dari mematikan melalui Shutdown ini adalah untuk memberhentikan dulu proses-proses aplikasi dan sistem yang telah berjalan, sehingga ketika komputer mati itu benar-benar tidak dimatikan paksa. Kalau ditekan tombol Power, itu namanya mematikan paksa.

Nah, kalau dimatikan paksa, pengaruhnya adalah ke harddisk. Lama-lama harddisk akan rusak dan bisa mati total. Karena kalau mematikan komputer dengan ditekan tombol power, maka harddisk yang tengah berputar akan mati dengan tiba-tiba.

#2 Jangan digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat

Kalau komputer kamu menggunakan harddisk jenis HDD, maka jangan sekali-kali digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat terus-terusan, seperti gaming dan rendering video. Karena lama-lama bisa membuat umur harddisk berkurang. Lalu solusinya apa? Jika ingin digunakan untuk hal-hal seperti itu, saran saya adalah upgrade atau menambahkan harddisk jenis SSD. Karena SSD lebih aman dan cepat untuk digunakan pekerjaan seperti itu.

#3 Jangan digunakaan dalam keadaan miring

Jika kamu menggunakaan harddisk jenis HDD yang piringan itu, maka jangan gunakan dalam keadaan miring. Karena jika miring itu akan membuat kinerjanya tidak bagus. Terlebih buat kamu yang menggunakan laptop, pastikan laptop kamu dalam keadaan rata, ketika digunakan.

#4 Gunakan cooling pad

Harddisk ini kalau digunakan dalam keadaan panas yang lama, juga akan membuat kinerjanya menurun. Jangan sampai itu terjadi, karena sangat fatal akibatnya. Lebih baik kamu gunakan cooling pad jika pakai laptop, atau kalau pakai komputer, bisa memasang fan yang banyak. Tujuannya agar menjaga sirkulasi udara agar tetap pada suhu yang normal. Terlebih jika kamu gunakan komputer dalam waktu yang lama.

#5 Selalu backup data penting

Jangan pernah menyimpan data-data penting hanya di satu harddisk. Buat cadangan di harddisk eksternal atau kalau tidak punya bisa diunggah di layanan cloud untuk menyimpan data. Ini sangat penting jika sewaktu-waktu harddisk kamu mengalami masalah. Sehingga kamu masih punya cadangannya, tidak menangisi data yang hilang.

Yang paling penting adalah kamu harus belajar sendiri bagaimana mengamankan data di harddisk kamu. Atau kalau terjadi masalah, jadi bisa menyelamatkannya sendiri. Sekarang ini banyak buku yang bisa kamu miliki untuk membantu kamu memecahkan masalah ini. Salah satunya adalah buku “Cepat Mudah Dan Belajar Sendiri Mengamankan Dan Menyelamatkan Data Pada Harddisk + CD“.

Buku ini bisa didapatkan di BukuPedia.com