Dari sekian banyak buku yang ada, pasti ada beberapa yang menurut kita sulit untuk diselesaikan. Entah itu karena gaya penulisan di bukunya yang terlalu serius, atau memang topiknya yang sangat dalam. Novel yang notabene berupa cerita saja kadang juga ada yang sulit untuk diselesaikan.

Biasanya kalau menemukan buku yang seperti itu, kita akan mencoba beralih ke buku lain. Dan pada akhirnya buku yang sulit tersebut tidak bisa kita selesaikan. Tetapi masih ada banyak cara untuk membuat buku yang sulit tetap enak dibaca dan diselesaikan.

Dan berikut ini tips untuk membaca buku yang sulit agar bisa terselesaikan.

Temukan tempat ternyaman kamu untuk membaca

Percaya atau tidak, tempat membaca itu sangat berpengaruh. Kamu sebenarnya bisa membaca dimana saja, tetapi mencari tempat yang nyaman untuk membaca itu adalah cara untuk bisa menikmati bacaanmu agar lebih bisa berkonsentrasi, mudah memahami dan membuat membaca lebih efektif.

Ada orang yang mungkin lebih mudah membaca di meja kamar, atau diperpustakaan yang tenang, bahkan malah ada yang lebih nyaman membacanya di luar ruangan seperti di cafe.

Intinya carilah tempat yang membuatmu nyaman untuk membaca.

Pelajari istilah-istilah yang asing bagi kamu

Di dalam buku kadang ada kata atau istilah yang menurut kamu susah untuk dipahami. Kalau kamu menemukannya, segera pelajari dan cari referensi arti dari istilah itu. Jika perlu buatlah kamu sendiri untuk istilah-istilah itu.

Kalau bisa jangan menggunakan ponsel kamu untuk mencari istilah-istilah itu, karena dikhawatirkan justru akan mengalihkan perhatianmu dari membaca ke main-main ponsel.

Bacalah daftar isi dan pendahuluannya

Sepele tapi sangat berarti. Fungsi daftar isi bukan sekadar untuk mencari informasi nomor halaman, tetapi juga untuk mengetahui judul-judul tiap bab dan keterkaitan diantaranya. Jangan lupa juga untuk membaca pendahuluannya agar kamu bisa memahami poin atau inti dari buku yang akan kamu baca tersebut.

Hindari skimming saat membaca

Skimming maksudnya adalah membaca pada bagian tertentu secara sepintas atau sekadar membaca tanpa memahaminya. Biasanya ini dilakukan pada buku yang cukup tebal dan memiliki tulisan yang sangat rapat. Pengennya biar cepat selesai, tetapi melakukan skimming hanya akan membuat bingung dan tidak paham di halaman-halaman berikutnya.

Selalu cermati dan pahami kalimat demi kalimat yang ada di buku. Kalau memang ada kalimat yang dirasa sulit dipahami, kamu bisa menggunakan bantuan spidol untuk menggaris bawahi bagian yang sulit itu. Yang penting berikan tanda di bagian itu. Dengan seperti itu maka kamu akan memiliki perhatian lebih pada kalimat tersebut.

Jangan bermata juling

Maksudnya adalah ketika membaca janganlah mata kamu bermain-main ke tempat lain atau bahkan buku lain. Apalagi jika di depan kamu ada banyak buku yang memang menarik perhatian. Tetap fokus dengan buku yang kamu baca, kalau memang sedang lelah bisa berhenti sebentar.

Jangan berhenti membaca terlalu lama

Akan tetapi ketika berhenti membaca, jangan lakukan terlalu lama. Karena itu akan membuat kamu jadi malas membuka buku tersebut lagi. Dan biasanya malah akan berganti buku lain. Berhenti membaca buku terlalu lama juga akan membuat kamu mudah tergoda dengan hal-hal lain yang kadang tidak bermanfaat.

Cari bantuan

Apabila kamu masih mengalami kesulitan dalam membaca buku, kamu bisa mengajak atau mencari pendamping yang bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di buku tersebut. Atau kamu bisa mengajak teman untuk ikut membaca buku tersebut, jadi kalau nanti ada masalah bisa didiskusikan bersama dan tentunya itu lebih seru.