Air adalah anugerah dari Tuhan yang sangat tidak ternilai. Dengan air maka akan muncul berbagai kehidupan di bumi ini. Tapi bagi sebagian besar masyarakat kita, air hanya dimanfaatkan untuk itu-itu saja seperti kebutuhan air minum dan MCK.

Padahal air yang ada di bumi ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal yang bisa memberikan manfaat lebih untuk manusia. Yang perlu dilakukan sekarang adalah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan air dengan lebih bijak lagi. Akan tetapi kita juga perlu untuk menjaga kelestarian air itu sendiri. Karena kita tahu di beberapa daerah di bumi ini ada yang kekurangan air bersih.

Tidak jauh-jauh, di negara kita saja masih banyak daerah yang terkena dampak kekeringan ketika musim kemarau tiba. Ini menandakan bahwa air juga ada batasnya.

Untuk itu sangat perlu bagi kita agar bisa memanfaatkan air agar lebih produktif lagi. Bukan sekadar untuk dibuang-buang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya :

Menjadikannya sebagai media tanam

Ya, air bisa dijadikan media tanam pengganti tanah. Tentu kalau ini sudah banyak yang tahu, ya, caranya dengan sistem tanam hidroponik. Hidroponik adalah sistem tanam yang menggunakan air sebagai media tanamnya.

Umumnya tanaman sayuran yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik.

Nah cara ini bisa Anda terapkan di sekitar rumah Anda. Karena caranya pun sangat mudah. Dengan seperti itu maka keberadaan air bisa memberikan nilai tambah yakni untuk media tanam yang menghasilkan.

Buku rekomendasi : Panduan Lengkap Hidroponik

Menjadikannya sebagai pembangkit listrik

Apabila di sekitar Anda ada sungai yang mengalir deras atau ada sumber air, bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Pembangkit listrik mikro hidro namanya. Sudah ada beberapa daerah yang memanfaatkan ini untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerahnya.

Salah satu contohnya adalah yang sudah diterapkan oleh Koperasi Mekar Sari Subang, mereka telah memanfaatkan dan mengelola potensi air untuk penyediaan listrik masyarakat desa. Di buku Pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLMTH) Sebuah Pilihan, apa yang mereka kerjakan tertulis jelas di buku itu.

Mereka menciptakan kemandirian energi dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitarnya. Tentu ini patut untuk kita contoh.

Dengan cara-cara seperti itu, air bukan sekadar pelengkap saja. Tetapi air bisa menjadi inti dari sumber-sumber energi terbarukan yang bisa lebih bermanfaat. Inilah yang dinamakan keseimbangan energi alam, di mana manusia bisa memanfaatkan potensi alam yang ada untuk menciptakan atau berhasilkan energi baru.

Pemanfaatan air sepert ini juga akan memberikan dampak sosial. Masyarakat pun akan lebih peduli dengan air, sehingga akan sangat menjaga kebersihan air, misalnya dengan tidak membuang sampah ke sungai.