Ingin tahu apa yang ada di dalam pikirin para miliarder, orang-orang terkenal dan para inovator?
Hal ini tak lepas dari kegiatan mereka yaitu membaca, lalu buku apa saja yang mereka baca?
Orang-orang terkenal seperti Steve Jobs, Elon Musk atau Barrack obama memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari waktu ke waktu. Dan mereka mengakui bahwa buku adalah sebagian besar dari sumber ilmu yang mereka dapatkan.
Buku apa mereka yang mereka baca, sehingga membangun pola pikir yang mengesankan?
Untungnya, mereka secara terbuka telah memberi tahu dan merekomendasikan buku yang telah membantu mereka untuk mencapai kesuksesan mereka.
Berikut buku-buku yang mungkin bisa anda pelajari untuk mengikuti jejak langkah para inovator.

1. The Four Agreements karya Don Miguel Ruiz

the-four-agreements

Direkomendasikan oleh: Oprah Winfrey dan Jack Dorsey (founder twitter)

Topik: Spiritualitas, Hidup, Kebahagian

Ringkasan Buku: Buku dapat diringkas dalam empat hal berikut:

1. Berusaha untuk membentuk kepribadian yang baik

2. Jangan ambil apapun untuk kepentingan pribadi

3. Jangan Membuat Asumsi

4. Selalu lakukan yang terbaik

jack-dorsey

      Jack Dorsey mengakui dalam menjalankan dua perusahaan besar yaitu Twitter dan Square mengharuskan ia untuk menjadi pemimpin yang bijaksana. Dalam proses tersebut, dia menjelaskan bahwa buku The Four Agreements sebagai salah satu buku yang membimbingnya. Anda dapat memesan buku tersebut disini.

2. Self-Reliance karya Ralph Waldo Emerson

buku self relience

Direkomendasikan oleh: Barack Obama

Topik: Individualisme, out of the box dan kemandirian

Ringkasan buku: Berpeganglah pada keyakinan Anda sendiri, meskipun ada dorongan dari orang lain kepada anda untuk mempercayai hal lain.

     Buku ini adalah termasuk yang menempatkan Ralph Waldo Emerson pada daftar salah satu penyair dan filsuf abad ke 19 yang paling berpengaruh. Presiden Barrack Obama telah merekomendasikan buku ini sebagai buku yang paling memberikan pelajaran dalam hidupnya, bahkan mereferensikan buku ini pada saat sambutan kemenangan pemilu di tahun 2008. Anda bisa mendapatkan buku itu disini.

3. Life Is What You Make It karya Peter Buffett

life-is-what-you-make-it

Direkomendasikan oleh: Bill Clinton

Topik: Tujuan hidup, Autobiography

Ringkasan Buku: Daripada memilih jalan yang memiliki sedikit tantangan, pilihlah jalan yang dengan tingkat kepuasan terbesar dalam menjalaninya.

     Buku autobiography karangan Petter Buffet, anak dari Warren Buffet ini mengajarkan tentang kebijaksanaan yang dia pelajari dari keluarganya dan dari pengalaman yang ia jalani. Ted turner, founder CNN dan Media icon mengatakan : “ berkat kerja keras yang dia lakukan sekaligus kebijaksanaan hati, Petter Buffet mengajarkan bagaimana cara menjalani hidup yang lebih berarti.” Anda bisa mendapatkan buku tersebut dalam versi bahasa indonesia disini

4. The Remains Of The Day karya Kazuo Ishiguro

The Remains Of The Day By Kazuo Ishiguro

Direkomendasikan oleh: Jeff Bezos (CEO Amazon)

Topik: Sejarah, Perang Dunia II, Hidup & Penyesalan

Ringkasan Buku: Sebuah potret menarik dari kepala pelayan inggris dan cerita pelariannya dalam perang dunia ke 2

     “Sebelum saya membaca buku ini, saya tidak pernah berpikir ada novel yang bisa sempurna. Saya selalu tertarik pada hal-hal yang nampaknya mustahil, namun kemudian bisa tercapai” Jeff Bezos. Anda dapat mendapatkan buku tersebut disini.

5. Competing Against Time Karya George Stalk

Competing Against Time Karya George Stalk

Direkomendasikan oleh: Tim Cook (CEO apple.inc)

Topik: Bisnis, Ekonomi, Produktivitas

Ringkasan buku: Menerangkan tentang penambahan tiga faktor penting dalam pasar agar bisa bersaing secara sehat. Tiga faktor itu adalah : uang, produktifitas dan kualitas.

      Competing Against Time adalah buku yang selalu direkomendasikkan oleh Tim Cook dimanapun dia berada. Bahkan ia selalu merekomendasikan buku ini kepada setiap karyawan baru di Apple untuk dibaca. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini

6. Atlas Shrugged karya Ayn Rand

Atlas Shrugged karya Ayn Rand

Direkomendasikan oleh: Steve Jobs dan Mark Cuban

Topik: Politik & Bisnis

Ringkasan Buku: Memecahkan masalah dunia melalui solusi kewirausahaan

     Ketika Steve Wozniak (salah satu pendiri Apple.inc) sedang diwawancarai tentang apa yang mempengaruhi Steve Jobs pada hari-hari diawal membangun Apple, dia menyebutkan bahwa Atlas Shrugged adalah salah satu buku yang Jobs gunakan sebagai panduannya untuk hidup & bisnis. Anda dapat mendapatkan buku itu disini

7. Business Adventures karya John Brooks

Business Adventures karya John Brooks

Direkomendasikan oleh: Warren Buffet dan Bill Gates

Topik: Bisnis & Keuangan

Ringkasan buku: Sebuah cerita klasik tentang kehidupan perusahaan dan keuangan Amerika.

     Apa kesamaan 2 orang terkaya di dunia seperti Warren Bufffet dan Billl Gates? Mereka sama sama menyukai tulisan-tulisan John Brooks. Dalam esainya, Bill Gates pernah menerangkan bahwa buku ini memiliki penjelasan sederhana untuk sukses dan ia mengatakan cerita dalam buku ini yang menghibur dan penuh dengan karakter kaya raya saat menduduki puncak dalam dunia perdagangan menjadi daya tarik buku ini. Sedangkan Warren Buffet mengatakan: “Anda hanya akan menemukan siapa yang berenang telanjang ketika gelombang telah usai. Ini menggambarkan gaya penulisan John Brooks”. Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

8. Autobiography Of Benjamin Franklin karya Walter Isaacson

Autobiography Of Benjamin Franklin karya Walter Isaacson

Direkomendasikan oleh: Elon Musk

Topik: Autobiography, Kewirausahaan, Benjamin Franklin

Ringkasan buku: Penggambaran perjalanan hidup Benjamin Franklin

Elon Musk, Co-Founder dari Paypal, Tesla Motors, dan SpaceX, mengatakan bahwa Ben Franklin adalah salah satu pahlawan Amerika sekaligus penemu dan pengusaha. Sosoknya yang unik membuat Elon Musk sangat mengagumi negarawan ini.

“Anda dapat melihat bagaimana [Franklin] adalah seorang pengusaha. Dia memulai segalanya dari nol. Dia hanya seorang anak yang melarikan diri. “-Elon Musk

Anda bisa mendapatkan buku tersebut disini.

Lalu bagaimana dengan Anda? Buku apa yang sukai? Mudah-mudahan buku diatas bisa menjadi referensi bagi anda untuk lebih berkembang atau mungkin melakukan inovasi diluar dugaan seperti para tokoh diatas. Ceritakan pada kami… 🙂