Sakit maag ini hampir dimiliki oleh setiap orang, dan tak jarang yang sampai bertahun-tahun tidak bisa hilang. Padahal sudah mencoba untuk berobat ke sana ke mari dan mendapatkan obat yang beraneka ragam. Tapi tetap tidak sembuh juga.

Kalau pun sembuh, sifatnya hanya sesaat dan nanti kambuh lagi. Sebenarnya yang bisa menyembuhkan sakit maag itu bukan obat saja, tetapi yang lebih berdampak itu adalah :

Pola Makan

Sakit maag ini adalah asam lambung yang keluar secara banyak dan naik ke kerongkongan. Nah, ini ada hubungannya dengan pola makan. Bagi penderita sakit maag, sakit perlu menjaga pola makan. Agar bisa benar-benar sembuh dari sakit maag, harus menghindari dulu makanan yang sulit dicerna oleh lambung dan yang memicu produksi asam lambung berlebih.

Makanan yang perlu dihindari adalah yang pedas, asam, kacang-kacangan, cokelat, dll. Sedangkan minuman hindari minuman yang panas, dingin, susu, teh, kopi.

Memang terlihat berat apalagi buat yang suka makanan pedas. Tapi ingat, ini demi kesembuhan kamu.

Makan juga tidak boleh telat, lebih baik makan sedikit tapi rutin daripada makan banyak tapi jarang.

Pola Pikir

Tidak hanya pola makan yang dijaga tapi pola pikir juga. Bahkan pola pikir ini justru yang berpengaruh besar. Kalau kamu kerap stress lebih baik dikurangi, stress akan memicu asam lambung. Kalau sudah asam lambung naik, bisa memicu stress. Nah, bingung kan?

Jadi perlu menjaga pola pikir.

Bagi yang memiliki penyakit maag, disarankan untuk selalu tetap tenang, tidak boleh panik, dan selalu berpikiran positif. Yakin kalau maag ini bisa disembuhkan dengan pikiran kita. Tanamkan dalam alam bawah sadar kita, kalau dengan kita berpikiran positif maka asam lambung tidak naik.

Baca juga : Sering merasa cemas? Terapkan 20 menit hal ini secara rutin di pagi hari

Pola Hidup

Kemudian perlu didukung juga dengan pola hidup yang baik. Pola hidup ini meliputi waktu istirahat yang cukup, olahraga yang hidup. Jadi kalau kamu masih suka begadang dan suka tidur malam lantas jam tidur kurang, sebaiknya seperbaiki lagi. Ingat, kita itu harus tidur minimal 8 jam per hari.

Usahakan juga selalu berolahraga, ringan tidak apa yang penting bisa berkeringat.

Buku rekomendasi : 101 Hukum Sukses-tentang Memelihara Peta Pikiran yang positif

Seperti itu, kalau kamu bisa melalukan di atas dengan konsisten kamu bakal mendapatkan kesembuhan dengan cepat. Bahkan kamu akan heran kenapa bisa dengan cepat sembuh. Yang penting adalah jaga pikiran, kurangi pikiran negatif dan jangan panik.