Kalau Anda ingin membuat website untuk personal blog, toko online atau bahkan company profile, tidak perlu repot-repot belajar coding Bahasa Pemrograman yang rumit itu. Karena sekarang ini membuat website bisa dilakukan dengan cepat dan mudah hanya menggunakan CMS.

Apa itu CMS?

CMS singkatan dari Content Management System. CMS ini adalah paket aplikasi yang didalamkan sudah terbentuk struktur website yang sudah jadi. Anda nantinya cukup melakukan installasi CMS di server hosting Anda hanya dengan klik – klik saja.

Anda tidak perlu dipusingkan untuk membuat tampilan, karena biasanya CMS yang ada sudah tersedia koleksi tampilan atau template.

Banyak CMS yang bisa digunakan secara gratis, beberapa diantaranya adalah CMS WordPress, Joomla, Drupal, Opencart (Khusus membuat toko online), Prestashop (khusus toko online), Moodle (Edukasi), dll.

Nah dari banyaknya CMS yang bisa digunakan secara gratis itu, yang paling populer adalah CMS WordPress. Karena CMS WordPress ini sangat banyak keunggulannya.

Keunggulan CMS WordPress

Selain gratis, CMS WordPress bisa digunakan untuk membuat berbagai macam jenis website, baik itu blog, website company profile, online shop, forum, dll.

Hal ini dikarenakan CMS WordPress sudah didukung banyak sekali template baik yang berbayar maupun gratis dan tentunya plugin yang memungkinkan CMS ini untuk dibuat menjadi beragam kebutuhan.

Untuk membuat website dengan CMS, Anda hanya butuh layanan web hosting dan domain. Web Hosting itu adalah server yang digunakan untuk menempatkan script CMS itu nanti dan data-data websitenya. Sedangkan domain adalah nama atau url websitenya, seperti bukupedia.com.

Web hosting dan domain ini harus sewa. Meskipun ada web hosting yang gratis tetapi kami tidak merekomendasikannya jika Anda ingin membuat website yang profesional. Karena web hosting yang gratis dukungannya sangat buruk.

Nah kalau Anda sudah familiar dengan CMS, khususnya WordPress, Anda pun dapat membuat layanan jasa pembuatan website. Nantinya Anda buatkan klien menggunakan CMS WordPress. Cukup install dan beli template yang menarik, website pun jadi.

Buku rekomendasi :

Tidak masalah menggunakan CMS WordPress, toh sudah banyak web dev yang menggunakan CMS WordPress untuk membuatkan kliennya website. Tinggal kreatifitas Anda saja.