Eranya internet banyak perusahaan maupun bisnis yang berlomba-lomba membuat website supaya tidak kalah saing. Itu hal bagus dan menandakan memang selalu up to date dengan perkembangan zaman. Memang sudah semestinya seperti karena jika tidak bakal kalah di persaingan. Kompetitor lain sudah banyak transaksi lewat website, tapi punya Anda masih berkutat di offline.

Tetapi membuat website saja tidak cukup. Nah ini yang juga perlu perhatian sekarang ini. Banyaknya pihak yang membuat website, sayangnya tidak diimbangi dengan pengelolaan yang bagus. Sehingga website pun sekadar website tetapi tidak bisa menghasilkan. Jadi kalau Anda sudah punya website tetapi kok belum terlalu berpengaruh, berarti website Anda perlu dikelola dan dioptimasi.

Sudah seharusnya website untuk dioptimasi. Karena jika tidak, website pun ya sekadar website yang menampilan tulisan dan gambar tetapi tidak banyak dikunjungi orang. Lalu bagaimana untuk mengoptimasinya. Ada banyak cara!

Optimasi SEO

SEO adalah Search Engine Optimization yang mana website Anda perlu dioptimasi dari sisi mesin pencari. Agar ketika ada orang mengetik sebuah keyword yang berhubungan dengan website Anda, maka di hasil pencarian muncul website Anda di halaman pertama. Sehingga ini akan meningkatkan kunjungan di website Anda melalui mesin pencari.

Mengoptimasi SEO ini sulit, karena tidak ada ukuran pastinya. Anda bisa menyewa jasa seo profesional jika ada budget cukup. Atau Anda bisa belajar secara otodidak.

Buku relevan :

Optimasi Iklan

Jika Anda punya budget besar, Anda bisa mengoptimalkan website Anda melalui iklan. Website Anda bisa diiklankan melalui channel-channel iklan seperti Google AdWords, Facebook Ads, Instagram Ads. Iklannya pun bisa Anda pilih, ingin bentuk konversi penjualan atau meningkatkan branding atau yang lainnya.

Nah ini perlu pengetahunan khusus untuk bisa menjalankan iklan. Anda bisa hire Marketing Online untuk mengerjakannya.

Optimasi Melalui Blog

Kalau website Anda berupa company profile atau toko online, pastikan sudah memiliki kanal blog atau artikel. Di mana di kanal itu nantinya akan diupdate artikel-artikel secara rutin baik yang berhubungan dengan bisnis Anda maupun yang lainnya.

Ini tujuannya untuk mendongkrak website utama Anda. Agar website utama juga punya update artikel yang mudah ditemukan di mesin pencari.

Jangan sampai webite Anda hanya dibiarkan begitu saja. Updatenya kalau hanya ada revisi konten produk atau ternyata ada yang error, jangan sampai. Jadi mari hidupkan website Anda dengan dikelola yang baik.