Dari sekian banyaknya metode marketing online, salah satu yang bisa Anda andalkan adalah Facebook Ads. Pilihan marketing melalui Facebook Ads ini menjadi salah satu yang cukup menjanjikan dan fleksibel. Karena Anda dapat menentukan model iklan dan goals yang ingin dicapai.

Mau meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement Facebook Page, atau mungkin ingin meningkatkan sales, juga bisa. Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui dan memahami model-model iklan Facebook Ads ini.

Alasan lain harus menggunakan Facebook Ads adalah pengguna Facebook itu sangat banyak dan terserah di seluruh dunia. Di Indonesia saja menempati urutan ke-4 sebagai negara terakhir dalam mengakses media sosial yang satu ini. Tentu ini menjadikan peluang tersendiri bagi yang ingin memasarkan barang atau jasanya melalui Facebook Ads.

Apalagi pengguna Facebook di Indonesia tersebar dari berbagai usia dan daerah, demografi ini juga yang menjadi kunci untuk memudahkan Anda dalam memasarkan produk/jasa.

Beriklan di Facebook Ads Lebih Tertarget

Seperti yang sudah ditulis di atas, kalau pengguna Facebook di Indonesia saja itu sangatlah besar. Dari berbagai latar belakang daerah, usia dan hobi pun ada.

Nah ketika Anda beriklan di Facebook Ads, Anda akan diberi kebebasan dalam menentukan demografi pemirsa iklan Anda. Anda bisa memilih iklan akan ditampilkan ke pengguna Facebook yang berada di daerah mana, rentang usia berapa, kesukaannya apa, dan masih banyak lainnya. Facebook memiliki fitur untuk memfilter ini.

Sehingga iklan yang akan Anda tayangkan nantinya bisa benar-benar tertarget.

Dalam marketing bisnis, beriklan di tempat yang tertarget salah satu kunci meraih kesuksesan yang diinginkan.

Multi Platform

Selain itu, dengan beriklan di Facebook Ads Anda akan dimudahkan dalam memilih media penayangnya. Apakah ingin ditayangkan di pengguna yang mengakses Facebook melalui personal komputer/laptop, atau mobile. Ini jelas menjadi pilihan yang memudahkan Anda. Misalnya saja Anda berjualan aplikasi yang ada di Play Store, tentu Anda ingin iklan tayang di mobile saja. Nah, anda bisa mengaturnya ingin ditayangkan di mana.

Selain itu, apabila Anda ingin menayangkan iklan di Instagram juga bisa. Secara Instagram telah menjadi milik Facebook, sehingga Anda tinggal menghubungkan akun IG Anda ke Facebook Ads dan bisa beriklan di IG juga.

Multi platform inilah yang menjadi Facebook Ads bisa jadi pilihan beriklan online.

Model Iklan yang beragam

Sudah dijelaskan di awal bahwa beriklan di Facebook Ads ini Anda bebas memilih model iklan yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau Anda belum tahu apa saja model iklannya, berikut ini penjelasan singkatnya.

1. Page Post Engagement
Model iklan ini tentu saja untuk meningkatkan engagement di halaman post Anda. Model ini cocok untuk meningkatkan branding melalui Facebook Pages. Anda bisa mengiklankan sebuah post dan post tersebut akan mendapatkan engagement berupa shares, likes, atau comments.

Kunci untuk mendapatkan engagement yang banyak adalah buatkan post yang viral. Dijamin dengan ditambah jamu iklan, akan banyak engagemen di post tersebut.

2. Click to Website
Jika Anda memiliki website/toko online dan ingin dipromosikan melalui Facebook Ads juga bisa. Anda bisa memilih model iklan Clict to Website ini. Tujuan dari iklan ini yaitu untuk mendrive pengunjung atau pengguna Facebook agar mengunjungi website Anda. Ini cocok untuk Anda yang ingin mengenalkan websitenya atau memang menginginkan sales melalui website.

Fungsi lain adalah dapat meningkatkan kunjungan ke website Anda.

3. Website Convertions
Mungkin untuk model Click to Website tadi masih sedikit general, tetapi jika Anda memang ingin mendapatkan konversi melalui website Anda, maka model ini bisa jadi pilihan. Model iklan ini akan membuat pengunjung tidak hanya mengunjungi website Anda tetapi lebih ke melakukan aksi dan itu berujung pada konversi. Entah itu melalui pembelian, berlangganan email, dan lainnya.

4. Page Likes
Jika Anda baru membangun bisnis online melalui Facebook Page, maka Anda butuh like banyak di halaman Facebook Anda. Dan model ini sangat cocok untuk itu. Selain itu model iklan ini juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda melalui Facebook Page.

5. Video Ads
Apakah Anda juga punya materi iklan berupa video? Jika iya, coba iklankan melalui Facebook Ads dengan memilih model iklan Video Ads. Maka video Anda akan banyak yang menontonnya.

B2B-facebook-ads-examples

6. App Install
Jika Anda punya aplikasi mobile dan ingin mendapatkan banyak pengguna, memanfaat Facebook Ads adalah solusi yang gitu. Anda bisa memanfaatkan model iklan ini untuk mendapatkan pengguna yang banyak dari aplikasi mobile Anda.

Itulah beberapa model iklan yang bisa Anda pilih ketika ingin beriklan di Facebook Ads.

Biaya Terjangkau

Tenang saja beriklan di Facebook Ads biasanya terjangkau. Anda punya budget berapa pun bisa tetap bisa beriklan di Facebook Ads, inilah yang dimaksud terjangkau. Mungkin Anda bisa memulai beriklan dengan budget Rp 200.000 ber minggu dulu, lalu jika konversi bagus dan sesuai harapan, bisa ditingkatkan.

Apabila Anda ingin beriklan di Facebook Ads, kunci utama adalah pintar memilih demografi yang cocok dengan iklan Anda, materi iklan yang menarik serta pemilihan budget yang sesuai. Anda harus mencoba berulang kali untuk mendapatkan formula yang pas untuk iklan Anda.

Mari gunakan Facebook untuk hal-hal yang berguna. Jika ingin belajar tentang Facebook Ads, bisa mencari bukunya di BukuPedia.com