Ketika teknologi dapat dimanfaatkan dengan sangat bijak, ini akan memberikan kebaikan untuk anda dan dunia anda. Sebagai contoh, bayangkan kemajuan teknologi yang berkembang pesat sejak 50 tahun belakangan ini yang memberikan dampak besar bagi masyarakat secara keseluruhan. Namun perlu kita tahu, kemajuan teknologi tidak hanya berdampak sosial bagi masyarakat saja.

Dalam hal bisnis, Teknologi memilki potensi untuk membuat bisnis anda berkembang lebih cepat dari apa yang anda bayangkan, namun disisi lain hal ini juga bisa membuat bisnis yang anda bangun hancur jika anda tidak berinovasi dan mengikuti trend teknologi yang sedang berkembang. Ini seperti hukum “Make or Break your business”

Jadi apakah teknologi memiliki efek yang buruk untuk bisnis Anda? tentu tidak. Jika perkembangan teknologi dimanfaatkan dengan baik oleh anda maka akan berdampak baik bagi bisnis anda, terutama bisnis yang sedang anda bangun.

Berikut beberapa cara agar bisnis kecil anda berkembang lebih cepat:

sosial media

Sosial media power

Sosial media adalah sebuah konsep yang amat praktis untuk menjalin relasi lebih luas.  Pada 15 tahun yang lalu sepertinya adalah hal yang sulit mengenalkan UKM agar bisa dikenal oleh dunia, namun semua berubah sejak social media menyerang, (maksud kami hadir). Sosial media juga memngkinkan anda mengamati setiap aspek dari prilaku pelanggan anda dan mencari pasar yang tepat untuk produk yang anda jual, dan tentu saja ini akan berdampak pada perkembangan bisnis anda. Sosial media juga memberikan kebijakan yang baik antara barang yang akan Anda jual dan ketentuan yang akan anda buat atas barang tersebut. Ini merupakan alat pemasaran yang baik dan murah meriah bukan ?

aplikasi produktivitasGunakan berbagai aplikasi untuk menunjang produktifitas

Untuk bisnis yang berskala besar, manajer dalam sebuah proyek memang sangat dibutuhkan untiuk menagatur bisnis yang anda jalankan, dan pada kenyataannya hal ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun untuk bisnis yang baru anda rintis anda bisa menggunakan aplikasi penunjang produktifitas untuk mengembangkan bisnis anda, contohnya seperti Slack, Trello, Asana, Basecamp, Jira dan lain lan. Pilihlah aplikasi yang bisa tersedia dalam perangkat mobile dan tersinkronisasi dengan versi dektop yang mereka rilis, hal ini dilakukan agar bisa mengontrol bisnis anda di manapun.

Analytical ToolsMemanfaatkan Analytical Tools

Ada banyak Analytical Tools yang bisa anda gunakan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan dari bisnis kita. Teknologi. Khususnya internet telah menyediakan yang bisa anda gunakan dengan cepat. Contohnya, anda dapat menghitung persentasi pengunjung yang  mengunjungi website anda  melalui perangkat yang mereka gunakan. Apakah melalui smartphone atau PC. Anda juga dapat mengukur kecepatan membuka laman pada website yang anda buat dan membandingkannya dengan competitor. Teknologi telah membuat semua mudah, semudah anda mengklik kanan pada mouse anda.

Pepatah kuno pernah mengatakan “pengetahuan adalah kekuatan”, maka seperti itulah konsep Analytical Tools, analisa memberikan data untuk pengetahuan perkembangan bisnis kita, dan dari situ kita bisa membuat keputusan bijaksana yang akan kita ambil.

komunikasi modernMenggunakan sarana komunikasi yang modern

Perkembangan teknologi telah mempermudah komunikasi antar individu satu sama lain. Seperti yang kita tahu. saat aplikasi Blackberry messenger atau whatsapp muncul pertama kali, aplikasi tersebut belum tersedia fitur videocall. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang sepertinya fitur ini adalah fitur yang wajib ada pada setiap aplikasi chatting. Dan tentu ini menjadi hal yang baik bagi dunia bisnis, komunikasi adalah hal penting untuk kelangsungan bisnis anda. Sebagai pebisnis, komunikasi modern telah menghilangkan hambatan untuk mendapatkan relasi baru. Pernahkah anda membayangkan bisnis anda berkembang dan dikenal secara internasional, tentu saja anda akan sering berkomunikasi dengan relasi anda di luar negeri bukan? Dan pada saat itu mungkin anda baru benar-benar merasakan dampak dari kemajuan komunikasi.

cloud storagePenyimpanan massal data melalui Cloud storage

Komputasi awan atau Cloud storage adalah suatu  konsep yang sangat berbeda dari proses simpan berkas secara konvensional. 10 tahun lalu perusahaan besar sering kerepotan dengan sejumlah data besar yang harus mereka kirimkan atau mereka simpan. Mengelola data pada pada jaman itu juga merupakan hal yang sangat mahal dan mereka diharuskan memiliki perangkat penyimpanan dengan kapasitas yang besar.

Namun berkat teknologi yang terus berkembang, kini penympanan data bisa kita lakukan dengan mudah selama anda tersambung ke internet. Contoh manfaat  Cloud storage adalah kita dapat mengakses data dari mana saja di seluruh belahan dunia, melakukan backup data otomatis dan yang pasti kita bisa  berkolaborasi pada suatu dokumen bersama rekan kerja secara real time. Jika anda seorang pemilik usaha kecil, anda bisa menggunakan ini untuk menambah daya saing perusahaan anda.

pembayaran web basedSistem pembayaran berbasis web

Sistem ini secara keseluruhan adalah untuk mempermudah mengirim dan menerima pembayaran. Jadikan ini sebuah pilahan dari metode pembayaran yang biasa anda tawarkan ke pengguna. Tidak hanya itu, faktor fleksibilitas dan keamanan menjadi poin yang bisa anda pertimbangkan menggunakan cara ini. Banyak platform pembayaran berbasis web yang bisa anda pilih, namun sebaiknya gunakan yang sudah teruji keamanannya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dan mungkin anda bisa mempertimbangkan platform yang menawarkan integrasi ke dalam program akuntansi perusahaan anda, seperti PayGlobalOne, veritrans, dan masih banyak lagi. Pada akhirnya ini akan membuat banyak klien anda dimudahkan dengan berbagai metode pembayaran.

Hal-hal  diatas menunjukan bahwa teknologi telah membangun dunia bisnis anda. Hal yang bisa kita ambil adalah kemajuan terknologi berdampak luas ke berbagai lini termasuk untuk bisnis. Mungkin salah satu dari poin di atas bisa anda terapkan pada bisnis yang sedang anda rintis. Gunakanlah kemajuan teknologi ini sebagai jalan untuk membesarkan bisnis anda, jangan malah menjadikan sebagai hambatan untuk berkembang. Berinovasilah!!