Tantangan ketika membaca buku adalah menyelesaikannya sampai halaman terakhir. Hal ini tentu akan sangat wajib untuk buku genre fiksi yang mana buku fiksi memang berupa cerita yang menuntut pembacanya harus tahu bagaimana akhir ceritanya. Tetapi untuk menyelesaikan bacaan buku non fiksi, rasanya berat.

Meskipun tidak ada keharusan dalam menyelesaikan membaca buku non fiksi, tetapi jika kamu bisa menyelesaikannya tentu itu prestasi yang membanggakan. Mengingat ketika membaca buku non fiksi, biasanya akan semangat di awal. Tetapi ketika sudah dapat beberapa halaman mulai melupakan.

Baca juga : Ini Perbedaan Buku Fiksi dan Non Fiksi

Ada juga yang membacanya model acak. Karena  buku non fiksi tidak ada alurnya, jadi kadang membaca di bab yang sekiranya menarik dan penting untuk dibaca.

Tenang, kamu akan tetap bisa menyelesaikan bacaan buku non fiksi tanpa rasa bosan sekalipun. Begini caranya :

Tanamkan dalam diri bahwa kamu akan mencari informasi

Buku non fiksi sangat kaya dengan informasi yang nyata. Berbeda dengan buku fiksi yang umumnya berupa khayalan. Dengan membaca buku non fiksi kamu akan mendapatkan ilmu dan asupan informasi yang bermanfaat bagi diri kamu.

Inilah yang perlu ditanamkan dalam diri kamu sebelum membaca, bahwa kamu harus akan ilmu itu dan ingin menyelesaikannya agar ilmu yang ada dalam buku itu bisa diserap semua.

Memunculkan effort seperti ini sangat perlu.

Bacalah buku biografi

Kalau ingin membaca buku non fiksi bisa sampai selesai, coba saja membaca buku biografi & memoar. Buku biografi ini menarik untuk dibaca. Karena kamu bakal mendapatkan kisah-kisah dari tokoh yang ada di buku itu. Dan ini sangat menambah wawasan sekali.

Misalnya saja ketika kamu memilih membaca buku Hidup Dan Mati Adolf Hitler, maka kamu akan mendapatkan informasi nyata seputar kehidupan Adolf Hitler. Dan cerita ini nanti bisa kamu ceritakan kembali ke orang-orang di luar sana.

Pilih buku yang dekat dengan kesukaan kamu

Ya, buku non fiksi itu beragam, kamu bisa mencoba memilih buku yang sesuai dengan diri kamu.Misalnya saja buku yang sesuai dengan hobi kamu atau kegiatan yang sedang kamu sukai. Tentu dengan begini kamu akan sangat antusias untuk menyelesaikan buku itu karena memang itu yang kamu sukai.

Minta rekomendasi

Kadang ada buku non fiksi yang menjemukan. Iya, banyak yang sepert itu. Nah supaya tidak salah dalam memilih, coba saja untuk meminta rekomendasi dari kawan buku – buku non fiksi yang menarik untuk dibaca.

Meskipun buku non fiksi bukan khayalan, tetapi buku yang satu ini kadang sulit untuk diselesaikan. Tetapi yakinlah ketika kamu nanti berhasil menyelesaikan, akan banyak informasi dan wawasan yang kamu peroleh. Dan itu akan bermanfaat untuk hidup kamu.