Urusan fashion memang sedikit membutuhkan perhatian tersendiri khususnya bagi kaum wanita. Ya, pasalnya masalah berbusana ini bukan sekedar dinilai dari segi warna dan modelnya saja, tetapi juga kenyamanan saat dikenakan. Wajar bisa jika seseorang terlebih wanita kerap bingung ketika memilih busana yang cocok dengannya.

Misalnya saja ketika membeli celana jeans, kadang dari segi model sudah pas, tetapi dari segi ukuran belum ada yang sesuai. Celana jeans itu kan modelnya bermacam-macam dan kadang juga berpengaruh pada ukurannya. Apalagi celana jeans buat wanita.

Bicara soal ukuran, saat membeli celana jeans pasti kita wajib mencobanya langsung. Karena celana jeans ini memang sedikit berbeda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tiap model kadang punya ukuran yang berbeda-beda, meskipun ukurannya sama. Nah, kalau tidak dicoba langsung kadang kecewa.

Tapi tenang, kalau kamu tidak ada waktu untuk mencobanya dan supaya bisa memilih celana jeans yang pas dengan ukuranmu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara ini bisa diterapkan bagi pria maupun wanita, dan dengan cara ini kamu tidak perlu mencobanya langsung. Jadi dengan waktu yang singkat kamu bisa mendapatkan celana jeans yang sesuai dengan ukuran. Silakan simak tips berikut ini.

1. Melingkarkan bagian pinggang celana jeans ke leher

Cara ini mungkin sudah banyak diketahui orang dan sayangnya banyak yang tidak percaya cara seperti ini. Ya, kamu tinggal pegang ujung kanan dan kiri bagian pinggang celana jeans, lalu lingkarkan ke leher kamu. Acuan tinggi rendahnya sesuai dengan kerah baju.

Apabila ketika dilingkarkan tangan kamu saling bersentuhan (ujung pinggang kanan dan kiri bersentuhan), maka bisa dipastikan ukuran celana jeans itu sudah pas dengan ukuran pinggangmu.

Pastikan bisa bersentuhan, kalau tidak lebih baik cari ukuran yang lebih atas lagi.

2. Menggunakan lengan tangan

Cara lain untuk mengukur pinggang adalah dengan menggunakan lengan. Kamu cukup tekuk lengan dengan posisi jemari mengepal, kemudian masukkan ke bagian pinggang celana jeans. Apabila ketika memasukkan lengan, antara siku sampai kepalan tangan pas, berarti ukuran celana jeans itu sudah cocok dengan ukuran pinggang tubuhmu.

3. Merentangkan Celana Jeans

Cara yang lebih mudah lagi adalah dengan merentangkan celana jeans tepat di depan dada kamu. Lalu coba lihat apakah di bagian tengah jeans tepat berada di bawah dagu dan ujung celana juga dapat dijangkau kedua tangan. Jika bisa, maka bisa dipastikan ukuran tinggi celana jeans pas dengan panjang kaki kamu. Sehingga tidak bakal cingkrang atau kepanjangan saat memilih.

Lalu biasanya yang perlu diukur itu selain panjang celana dan lebar pinggang, juga ukuran lubang celana jeans bagian bawah. Apalagi untuk celana jeans model skinny yang punya ukuran lubang kecil. Supaya bisa mendapatkan ukuran celana jeans yang bisa dimasukin kaki, coba dengan mengukurnya menggunakan kepalan tangan yang dimasukkan ke lubang celana jeans kamu. Kalau bisa masuk, berarti kaki kamu nanti juga bisa masuk.

Buku terkait : Utak-Atik Kerudung Denim – Jeanious + Vcd

Beberapa cara di atas memang sering orang gunakan ketika ingin membeli celana jeans atau celana yang lain supaya pas dengan ukuran tubuhnya. Mungkin karena tidak ada waktu untuk mencobanya langsung, cara-cara di atas bisa dijadikan solusi. Dan memang itu bisa membantu. Akan tetapi cara di atas tidak selamanya berhasil 100%. Itu kembali juga ke ukuran tubuh masing-masing.

Kalau kamu punya ukuran tubuh yang proporsional, ya bisa saja berhasil, tetapi jika tidak mungkin hasilnya akan berbeda. Silakan dicoba.