Menjaga kesehatan gigi itu penting, tapi faktanya banyak orang yang tidak serius dalam merawat kesehatan giginya. Pada akhirnya gigi menjadi rusak dan menjalar ke organ lain. Ingat, di bagian gusi itu terdapat syaraf-syaraf yang langsung berhubungan ke otak. Jadi harap hati-hati kalau punya gigi rusak atau berlubang.

Penyebab gigi rusak itu sebenarnya diakibatkan gaya hidup yang tidak baik. Seperti pola asupan makan hingga kebiasaan sehari-hari seperti gosok gigi. Sangat disarankan untuk gosok gigi minimal 2 kali sehari, sebelum tidur dan selepas bangun tidur.

Jangan sampai gaya hidup buruk mu membuat gigi menjadi rusak dan sakit. Karena sakit gigi itu tidak nyaman sekali.

Supaya gigi terhindar dari kerusakan dan rasa sakit, lebih baik kita mencoba menghindari beberapa kebiasaan yang membuat gigi menjadi rusak. Berikut ini diantaranya :

Mengunyah Es Batu

Tidak hanya gula saja yang menyebabkan gigi rusak, tetapi es batu pun bisa. Terlebih jika kamu mengunyah es batu langsung menggunakan gigi. Tekstur es batu yang keras membuat gigi menjadi tergores. Mungkin goresannya tidak terlihat kasat mata, tapi jika itu terjadi bisa menyebabkan gigi berlubang.

Belum lagi es batu itu punya suhu yang sangat dingin, jika kamu baru saja makan yang panas, lalu terkena es batu, bisa membuat gigi menjadi sensitif dan tidak baik.

Buat anak-anak yang baru memiliki gigi susu ini sangat tidak baik, mengunyah es batu dapat mempengaruhi struktur gigi. Sehingga ketika tumbuh sempurna, gigi menjadi ‘gingsul’ tidak rata.

 

Memberikan susu ke anak ketika sudah tidur

Nah ini buat ibu-ibu yang suka memberikan susu ke anaknya pakai botol susu. Kalau sudah tidur, ya jangan dikasih lagi. Karena jika dibiarkan kandungan gula pada susu akan menempel di gigi dan gusi, itu sangat tidak baik buat kesehatan gigi ke depannya.

Menggerakan gigi atas dan bawah

Maksudnya adalah menggesekan gigi atas dan bawah. Beberapa orang sering melakukan ini secara sadar maupun tak sadar. Kebiasaan ini tidak baik, karena akan membuat struktur gigi berubah dan terjadi gesekan antar gigi yang membuat rusak lapisan giginya.

Merokok

Orang yang suka merokok, pasti giginya akan berubah warnanya. Warna yang berubah itu disebabkan karena kotoran saat menghisap rokok. Kotoran itu menyebabkan timbulnya plak pada gigi dan bisa merusak gigi. Asap pada rokok itu mengandung tembakau, dan itu bisa menyebabkan sakit kronis seperti kanker mulut, lidah dan bibir.

Konsumsi Minuman bersoda

Tahukah kamu kalau minuman bersoda itu punya kandungan gula yang tinggi? Dan jika kamu sering konsumsi minuman bersoda, itu sangat rentan terkena kerusakan gigi. Minuman bersoda juga memiliki kandungan asam fosfat yang dapat mengurangi kadar enamel pada gigi. Sehingga gigi akan mudah keropos.

Tidak sikat gigi ketika akan tidur

Banyak yang lupa atau tidak tahu kalau sebelum tidur itu sebaiknya sikat gigi dulu. Supaya kotoran-kotoran sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang. Karena ketika tidur, mulut tidak akan bekerja lagi jika kotoran dalam gigi masih, itu akan menyebabkan timbulnya bakteri yang merusak gigi.

Makan permen

Menguyah permen memang enak, karena dapat mengatasi stress. Tetapi itu juga berisiko untuk merusak gigi. Kadar gula yang ada di permen dan belum lagi sisa permen yang menempel di gigi menyebabkan kerusakan gigi. Sarannya sebaiknya sikat gigi setelah menguyah permen.

Menggigit bolpoin/pensil

Hayo siapa yang suka menggigit bolpoin dan pensil? Sebaiknya kebiasaan itu dihilangkan karena dapat membuat gigi menjadi rusak. Secara tidak sadar itu akan membuat gigi menjadi tergores, dan jika goresan sudah kemasukkan kotoran atau gula, bisa membuat gigi menjadi rusak dan keropos.

Cara sikat gigi yang salah

Ini yang kerap terjadi, yaitu salah ketika menyikat gigi. Memang ini jarang sekali diajarkan oleh orang tua, karena ya jarang orang tahu. Tetapi faktanya menyikat gigi ada cara dan polanya. Kalau sekedar menyikat, itu akan mempengaruhi susunan atau struktur gigi. Terlebih bagi yang masih tahap pertumbuhan.

Buku terkait : 4 Tepat 5 Sempurna, Perawatan Agar Gigi Sehat Dan Sempurna

Banyak sekali kebiasaan yang menyebabkan gigi menjadi menjadi rusak. Ini perlu edukasi lebih dini. Dan sebaiknya orang tua harus tahu, sehingga edukasi ini bisa turun temurun dan bisa menghasilkan generasi dengan gigi yang sehat.