Dunia perbukuan saat ini sudah banyak di mudahan dibanding tahun-tahun lalu. Jika dulu para introvert sulit berhubungan satu sama lain, kini melalui sosial media bisa saling terhubung dengan mudahnya. Akibatnya, perkembangan dunia ilustrasi perbukuan pun ikut diramaikan. Ya, jika dulu kita hanya berimajinasi mengenai tokoh fiksi dalam buku, kini banyak ilustrator yang membawa mereka ke dunia nyata dalam bentuk gambar. Banyak pula yang akhirnya sukses go internasional dengan karya mereka. Kenalan yuk!

Stella Bookish Art (Instagram @stellabookishart)

Sumber : Instagram @stellabookishart

Ilustrasi Stella berupa kutipan dari buku sudah dijual di situs Indonesia Tees sementara pembatas buku dan pin dengan ilustrasi karyanya dijual langsung oleh Stella melalui akun Shopee-nya.
Di dunia internasional, Stella menjual karyanya melalui Society6, Etsy dan Red Bubble. Selain itu, Stella juga mendesain produk-produk untuk subscription box seperti Owl Crate dan Fairy Loot.

 

Silketara (Instagram @silketara)

Sumber : Instagram @silketara

Berbeda dengan Stella, Silketara lebih banyak membuat ilustrasi chibi dari tokoh fiksi. Karyanya mencakup tokoh-tokoh dari Harry Potter, The Lunar Chronicles (sudah diterjemahkan oleh Penerbit Spring), Six of Crows series (belum diterjemahkan) dan yang paling terkenal adalah ilustrasi tokoh dalam A Court of Thorn and Roses (baru diterjemahkan oleh BIP). Kebanyakan tokoh-tokoh tersebut dijual dalam bentuk magnetic bookmark, ilustrasi, dan melalui Society6 dan Red Bubble. Di Indonesia juga tersedia di Tees dan kadang di akun Shopee Silketara.

 

Malvara.ID (Instagram @malvara.id)

Sumber : Instagram @malvara.id

Malvara yang berbasis di Jogja ini menjual langsung produk mereka berupa note book, pin, kalender, mug, pembatas buku dan lainnya. Karakter yang telah mereka lukis antara lain dari Hunger Games series, Harry Potter, Game of Thrones, Stranger Things dan Percy Jackson. Ya, mereka juga mencakup tokoh dari TV series dan bukan hanya dari buku.
Produk mereka dijual langsung melalui akun Shopee dan Etsy mereka.

 

The Twinkle Canvas (Instagram @thetwinklecanvas)

Sumber : Instagram @thetwinklecanvas

Berbeda dari ilustrator lain yang disebutkan diatas, The Twinkle Canvas berbasis di Singapura tapi asli punya ilustrator Indonesia lho. Produknya dijual di Indonesia melalui Tees dan di dunia internasional melalui Society6, Red Bubble dan Etsy. Karyanya mencakup Ready Player One, The Lunar Chronicles, Grisha series (hanya buku pertama yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan tidak berlanjut lagi), A Court of Thorn and Roses dan A Darker Shade of Magic (belum diterjemahkan).

Bagaimana guys, apa kalian berminat juga menjadi ilustrator skala internasional?