Jika ingin membentuk anak yang memiliki kepribadian yang baik, harus dilakukan sejak dini. Orang tua sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian anak. Mengandalkan sekolah saja tidak mungkin, karena sebagian besar waktu yang dimiliki oleh si anak adalah di rumah dan bersama keluarga.

Hal sepele yang kadang dilalaian oleh orang tua adalah membebaskan anak dalam menggunakan uang. Alhasil anak sering membeli barang-barang yang tidak penting yang pada akhirnya buang-buang duit. Meskipun orang tua memang punya banyak uang, hal seperti itu tentu tidak baik.

Oleh sebab itu orang tua perlu mendidik anak agar dapat mengelola uang dengan benar. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melatihnya menabung.

Melatih anak untuk gemar menabung sejatinya bukan saja untuk mengajak anak agar punya duit banyak. Tetapi dari kegemaran menabung itu akan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh anak.

Diantaranya adalah…

#1 Membuat Anak menjadi mengerti pentingnya uang
Uang memang alat pembayaran, tetapi bukan berarti uang harus selalu digunakan. Ada kalanya uang disimpan untuk kebutuhan yang akan datang. Ketika sudah mengajarkan anak menabung, itu artinya akan membuat anak menjadi tahu betapa pentingnya uang itu. Anak akan lebih memahami bahwa uang bukanlah alat yang harus selalu dihabiskan.

#2 Membuat anak pandai memprioritaskan yang penting
Tidak semua uang yang dimiliki harus ditabung, karena dalam hidup juga perlu memprioritaskan mana yang penting dan pokok, dan mana yang tidak. Menabung adalah salah satu bentuk kepintaran dalam mengelola uang. Ketika seseorang sudah menabung, itu artinya sudah bisa memprioritaskan kebutuhan yang penting dan tidak. Nah yang tidak penting ini bisa ditabung.

#3 Membuat anak punya cara pandang ke depan
Menabung adalah cara untuk menyelamatkan masa depan khususnya dalam hal keuangan. Kita tidak tahu di waktu yang akan datang apakah punya uang untuk melakukan kegiatan atau hal-hal mendesak lainnya. Nah dengan memiliki tabungan artinya seseorang mampu berpikir ke depan agar bisa menopang kebutuhannya nanti.

Beberapa manfaat itu tentu akan dimiliki anak jika sejak dini anak diajari untuk gemar menabung. Tetapi masalahnya adalah, tidak semua anak mudah diajari untuk memulai menabung.

batasan-keuangan

Bagaimana caranya?

Yang pertama, mulailah dari orang tua. Orang tua adalah sosok terdekat dari anak, apa yang dilakukan oleh orang tua secara tidak langsung akan diikuti oleh anak. Jika Anda sebagai orang tua ingin anak gemar menabung, ya Anda harus menabung. Paling tidak untuk memberikan contoh kepada anak.

Anda tidak perlu serius menabung, cukup membeli celengan dan mengisinya setiap hari atau setiap waktu dengan nominal yang kecil saja. Intinya supaya anak juga mengikuti apa yang Anda lakukan.

Yang kedua, cari tahu apa yang paling disukai anak. Sebagai orang tua tentu Anda tahu dong barang apa yang paling disukai anak. Dan kalau bisa itu yang harganya mahal dan belum dimiliki. Jadikan itu sebagai pemicu pertama agar anak menjadi gemar menabung. Berikan edukasi kepada anak bahwa jika ingin memiliki barang itu, harus menabung dulu. Jelaskan juga menabung itu apa. Nah, nanti jika sudah terkumpul dalam waktu yang cukup lama, bisa dibelikan barang itu.

Tapi ingat, orang tua juga harus membelikan barang itu jika anak sudah menabung dalam waktu yang lama. Kalau tidak, nanti anak malah tidak mau lagi menabung.

Biasanya pemicu seperti itu lebih mudah untuk diikuti anak, daripada memberikan iming-iming kalau menabung nanti punya duit banyak. Anak kecil itu belum tertarik punya duit banyak, yang dia inginkan itu barang yang disukainya seperti mainan atau lainnya.

Yang ketiga, Berikan uang lebih. Tidak apa memberikan uang lebih ke anak, asal tujuannya untuk membuat dia gemar menabung. Anak kecil itu suka jika menabung dan uang yang ditabung terlihat banyak. Tapi dilain sisi orang tua juga harus memberikan edukasi pentingnya cara mengelola uang kepada anak.

Mencatat Uang Tabungan

Yang keempat, Ajak anak untuk mencatat. Kalau ingin membuat anak semakin asyik saat menabung di celengan. Cobalah untuk membuatkan buku catatan uang tabungan. Biarkan anak menuliskan uang yang ditabungnya pada waktu itu dan mencoba untuk menjumlahkannya. Dengan demikian anak menjadi lebih tertarik lagi untuk bisa mencapai apa yang diinginkan.

Buku terkait :

Cara di atas adalah cara sederhana. Tetapi yang paling penting adalah peran orang tua. Kalau orang tua tidak serius dalam mendidik anaknya untuk gemar menabung, ya pada akhirnya anak akan berhenti di tengah jalan.