Punya barang mahal itu wajib untuk terus dirawat dan dibersihkan. Karena sayang jika barang mahal nantinya menjadi rusak yang disebabkan oleh hal-hal sepele, seperti kurang perawatan. Ini berlaku juga ketika kamu punya kamera DSLR.  Harga kamera DSLR itu mahal, hingga puluhan juta. Tentu kamu tidak ingin kan kamera rusak karena teledor tidak merawatnya?

Untuk itu ayo rawat kamera DSLR dengan baik dan benar.

Kali ini blog BukuPedia ingin berbagi seputar tips merawat kamera DSLR dan ini merupakan perawatan wajib jika kamu punya kamera. Apalagi kamera DSLR punya komponen vital yang bisa mempengaruhi kualitas hasil foto dan kinerja kamera, seperti sensor dan lensa. Kalau tidak dirawat komponen ini bisa saja tidak berfungsi.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

#1 Menempatkan kamera di Dry Box

Kalau kamu punya kamera DSLR/Mirroless/Pocket, wajib ditempatkan di dry box. Dry box ini merupakan tempat atau wadah yang kedap udara dan didalamnya terdapat alat penghisap lembab. Mengapa butuh dry box?

Karena kalau tidak ditaruh di dry box, kamera akan berpotensi terkena jamur baik di lensanya maupun sensor. Karena bagian ini tidak boleh terkena lembab dalam waktu yang lama. Jadi jangan sampai simpan kamera di almari pakaian. Itu sama saja membunuh kamera.

Dry Box

Harga dry box sendiri bermacam-macam ada yang kisaran Rp 300 ribuan ada yang lebih. Kalau yang dry cabinet seperti almari itu, ya lebih mahal lagi. Tapi tenang, kamu bisa kok membuat dry box sendiri dengan modal yang murah. Kamu bisa membeli box seperti tupperware atau lainnya yang kedap udara, lalu beli silica gell baik yang butiran maupun yang electric. Itu justru lebih murah, dan manfaatnya juga sama.

Untuk mengetahui kadar kelembaban, kamu bisa taruh hygrometer digital di dalam box agar bisa mengetahui kadar kelembabannya. Kadar kelembaban yang normal untuk penyimpanan kamera sekitar 40 – 55.

#2 Beli Cleaning Kit Kamera

Kamu juga wajib memiliki cleaning kit untuk membersihkan kamera. Biasanya terdiri dari lens pen, cairan pembersih, kain pembersih, dan blower. Alat-alat pembersih ini wajib kamu miliki, karena ini berguna untuk membersihkan kamera dan lensa kamu. Misalnya saja lenspen yang bisa digunakan untuk membersihkan lensa. Lenspen ini sudah didesain untuk membersihkan lensa sehingga tidak meninggalkan goresan dan bekas.

Cleaning KitLalu blower, untuk menyemprot debu-debu yang menempel di kamera maupun di dalam kamera. Sehingga apabila sensor kotor, bisa dibersihkan dengan blower.

Pokoknya wajib deh punya cleaning kit kamera ini.

#3 Bersihkan setelah digunakan

Membersihkan Kamera

Nah, setelah kamu menggunakan kamera untuk memotret di luar apalagi di tempat yang berdebu, wajib hukumnya dibersihkan sebelum akhirnya dimasukkan dalam box. Karena ketika kamera di pakai di luar, pasti akan banyak debu-debut yang menempel dan itu memang tidak terlihat kasat mata. Dengan dibersihkan dulu, maka debu-debu itu tidak akan menjadi kotoran yang sulit dibersihkan.

#4 Gunakan tas kamera

Tas Kamera

Ketika kamu pergi membawa kamera, taruh kamera di tas khusus kamera. Jangan taruh di tas-tas biasa yang juga bertumpukan dengan barang-barang lain. Tas kamera di desain untuk menempatkan kamera dengan aman ketika saat di bawa ke mana-mana. Kalau di taruh dalam satu tas biasa, kadang kamera lari kemana-mana dan bisa tubrukan dengan barang lain dan bisa saja menyebabkan goresan.

#5 Gunakan dengan cara yang benar

Pegang Kamera

Supaya dari segi fungsi dan kinerja juga awet, kamu harus tahu bagaimana menggunakan kamera yang benar. Cara memegangnya pun juga harus diperhatikan. Jangan sampai nanti kamera tergores benda-benda karena lalai dalam menggunakannya. Dan sebaiknya gunakan tali strap untuk mengantisipasi kamera jatuh dari genggaman.

Merawat barang berharga itu penting terutama untuk kamera DSLR. Apalagi jika kamu punya keinginan untuk nanti dijual kembali, maka kamera perlu dirawat betul agar kamera tetap punya fisik yang bagus dan fungsi yang normal. Sehingga tidak mempengaruhi harga jual.