Mungkin kadang kamu iri dengan seseorang yang baru dalam sebuah lingkungan, tetapi sudah sangat akrab dan mudah berbaur. Seakan pertemuan itu bukan pertemuan pertama melainkan sudah beberapa kali. Orang-orang seperti itu memang lebih disukai banyak orang dan tentunya mudah diterima di lingkungan baru. Namun bagi sebagian orang, tidak mudah untuk diterima di lingkungan yang baru.

Yang seperti ini sebenarnya adalah bagaimana cara kita bersikap. Kadang ada beberapa sikap yang tidak kita sadari dan itu berjalan di alam bawah sadar yang memerintahkan diri kita untuk tidak berbuat yang semestinya. Banyak orang yang seperti itu.

Kondisi seperti ini juga ada kaitannya dengan karakter seseorang. Kita tahu setiap orang punya karakter yang berbeda-beda dan karakter itulah yang mempengaruhi cara bersikap di sebuah lingkungan.

Namun semua itu bisa diubah jika ada keyakinan dan kemauan.

Jika kamu ingin menjadi pribadi yang mudah diterima di lingkungan baru, kamu bisa mencoba beberapa hal berikut :

Murah senyum

Senyum adalah sikap positif yang sangat mudah dilakukan. Apabila kamu sedang berada di lingkungan baru dan bertemu orang-orang baru, pastikan memberikan senyum manismu. 🙂 Dengan senyum maka orang lain akan memberikan feedback yang positif juga di diri kita.

Namun alangkah baiknya jika tidak sekadar senyum. Lanjutkan dengan menyapanya dengan ramah dan seakan sudah kenal lama. Tetapi ingat, jaga sopan santun. Jangan mentang-mentang menganggap sudah kenal, terus bicara seenaknya.

Pakai komunikasi yang sesuai

Maksudnya adalah ketika berkomunitas atau berbicara dengan orang-orang di lingkungan baru, sesuaikan dengan gaya hidup mereka. Kadang orang akan ilfeel terhadap kamu jika kamu berbicaranya terlalu tinggi. Bukan nadanya tetapi penyampiannya, sehingga orang akan melihat kalau kamu orang sombong.

Kalau sudah dicap seperti itu, biasanya orang akan sulit menerima kamu sebagai orang baru di lingkungan itu. Jadi gunakan bahasa yang sehari-hari digunakan orang sana.

Memulai pembicaraan

Ketika dalam lingkungan baru dan kamu baru datang di sebuah perkumpulan, mulailah dengan menyapa dulu dan berbicara yang ringan-ringan. Tapi jangan terlalu banyak bicara juga, itu tidak baik. Memulai pembicaraan ini akan menandakan kalau kamu orangnya terbuka dan supel dengan orang lain.

Dari sini orang lain pun akan mudah dalam menerima kamu. Dan suatu saat nanti orang lain tidak segan untuk menyapa duluan dirimu. Beda jika kamu orangnya pendiam, orang lain pun kadang ogah untuk mulai menyapa dirimu.

Terbuka

Di lingkungan baru mungkin ada yang tidak sesuai dengan pola pikir atau gaya hidupmu. Tetapi itulah tantangannya agar mudah diterima. Kamu harus terbuka dengan kondisi yang ada di lingkungan barumu. Kalau itu memang tidak sesuai dengan hal-hal yang positif, kamu tidak perlu bergabung. Namun, tunjukan keterbukaanmu kepada mereka agar keberadaan mu dapat diterima.

Memberikan sesuatu

Sebagai orang baru, pasti akan menjadi sesuatu yang spesial di sebuah lingkungan. Namun dengan memberikan sesuatu kepada orang-orang di lingkungan baru itu akan membuat orang di sekelilingmu menjadi mudah menerima mu. Memberikan sesuatu juga sebagai bentuk ucapan terima kasih dari mu untuk mereka. Ini juga sebagai bentuk ucapan selamat datang telah diterima di lingkungan baru.

Selalu positive thinking

Tetaplah berpikir positif tentang orang-orang di lingkungan barumu. Meski kadang tingkahnya tidak mengenakan, tapi dengan berpikir positif akan membuat sikapmu menjadi lebih baik. Orang yang berpikiran positif, akan memandang semuanya dengan lebih tenang dan tanpa beban. Ini pun akan mempengaruhi sikap kamu kepada orang-orang baru.

Buku rekomendasi untuk kamu baca :

Ini juga penting bagi kamu yang orangnya introvert. Kadang orang introvert akan memikirkan hal-hal negatif kalau nanti bertemu orang-orang baru. Tenanglah, tetap beranikan diri untuk keluar dan berkomunikasi dengan biasa kepada orang-orang baru.

Semoga dengan melakukan itu semua, kamu bisa diterima di lingkungan barumu.