Kita tahu bahwa keterampilan dan bakat yang kita miliki itu harus diasah setiap waktu. Meskipun itu sudah bakat yang melekat di diri kita, tetap saja harus belajar hal baru lagi agar bakat tersebut tidak mati. Karena bakat sendiri juga bisa mati kalau tidak pernah di asah.

Sama halnya jika Anda punya keahlian dalam menulis, kemampuan menulis yang Anda miliki harus diasah setiap waktu. Agar hasil tulisan yang Anda buat dapat lebih baik dan tentunya membuat nilai terhadap skill Anda lebih meningkat.

Apalagi di era sekarang ini banyak sekali media yang mendistribusikan berbagai konten kreatif di medianya. Sebagai orang yang memiliki keahlian dalam menulis, tentu Anda harus meningkatkan kreatifitas dalam menulis. Lalu bagaimana caranya?

#1 Lakukan Brainstorming

Melakukan brainstorming dalam suatu kelompok atau komunitas atau jaringan pertemanan yang sama-sama memiliki hobi menulis adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kreatifitas menulis Anda. Di sini Anda akan bertukar pikiran dan saling mengeluarkan ide-ide kreatif dari orang lain.

Saling bertukar pikiran dalam tema dan hobi yang sama terbukti mampu merangkai pola pikir dan kreatifitas Anda. Selain itu yang terpenting adalah Anda akan mendapatkan hal baru yang belum Anda ketahui sebelumnya.

Tentu ini akan sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis.

Misalnya saling berbagi informasi ketika sedang stag dalam menulis.

#2 Mencari Sisi Lain

Dalam menulis mungkin Anda hanya terpaku pada satu sisi saja. Cobalah sekali-kali untuk membuat tulisan yang tidak umum dan dari sisi yang berbeda. Ini akan membuat tulisan kamu menjadi unik dan berkarakter. Tanpa mengurangi gaya menulis Anda, melihat sesuatu dari sisi lain juga akan mengasah kreatifitas Anda.

#3 Menanggapi Masalah yang Ada

Untuk meningkatkan kreatifitas dalam menulis, Anda juga bisa mencoba untuk menanggapi masalah-masalah yang ada di sekitar Anda atau yang beredar di lini masa. Misalnya saja sekarang lagi trend soal berita sepak bola Egy Maulana Vikri yang akan ke Eropa, coba dari berita ini Anda tanggapi sesuai dengan perspektif Anda sendiri. Dan tentu mengambil dari sisi lain seperti pada poin kedua tadi.

Sehingga tulisan yang Anda buat akan menjadi beda dari berita-berita lain yang ada. Disitulah kreatifitas Anda akan diuji coba.

#4 Perbanyak Kosa kata

Faktanya adalah penulis yang memiliki banyak kosakata akan mampu membuat tulisan yang apik. Tulisa-tulisan yang dihasilkan akan lebih luwes dan menarik karena menggunakan padanan-padanan kata yang tidak biasa tetapi mudah dicerna.

Semacam ini tentu perlu diimbangi dengan memperbanyak kosa kata baik kosa kata Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Tulisan yang menggunakan padanan – padanan kata berbeda akan semakin membuat tulisan lebih terlihat kreatif. Bahkan pesannya pun bisa jadi beda, meskipun maksudnya sama.

#5 Buatlah Standar untuk Diri Anda

Setiap menulis, cobalah untuk selalu memberikan standar terhadap tulisan Anda. Meskipun itu tidak akan dinilai oleh orang lain, tetapi dengan seperti ini Anda akan terpacu untuk membuat tulisan yang sesuai dengan standar Anda. Misalnya saja tulisan harus unik dan berkarakter.

Dalam membuat standar penulisan, jangan sampai sama persis dengan tulisan-tulisan yang sudah ada. Buatlah berbeda, karena yang berbeda akan lebih mudah terlihat daripada yang lebih baik dari yang biasanya ada.

Membuat tulisan kreatif ini tidak bisa dilakukan satu dua kali. Harus ada percobaan yang terus menerus dilakukan. Jangan sampai jenus dengan tulisan yang Anda buat. Dan mintalah penilaian dari oranga lain. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melihat respon orang terhadap tulisan Anda.

Apakah Anda siap meningkatkan tulisan Anda?