Sebagai penulis, tentu kamu perlu terus mengasah kemampuan menulis. Apalagi jika sudah membuat satu buku, tantangan berikutnya adalah bagaimana membuat buku yang lebih baik lagi. Tak jarang ketakutan dalam menulis membuat writer’s block. Sehingga apa yang ada di dalam pikiran tidak bisa tersampaikan dengan lancar melalui tulisan.

Untuk mengatasi itu semua ada caranya. Yang terpenting masalah psikologis penulis jangan terganggu dengan masalah sulitnya meningkatkan kemampuan menulis, karena jika psikologis terganggu maka akan berdampak pada semuanya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Menyuruh orang lain menilai

Agar kemampuan menulis kamu meningkat, tentunya harus bisa menambal kekurangan yang dimiliki. Untuk melihat kekurangan kamu, perlu ada orang yang bisa menilai atau mereview tulisan kamu. Cobalah kamu minta rekan kamu baik itu yang suka di dunia literasi atau orang umum, untuk menilai tulisan kamu kemudian memberikan feedbacknya kepada kamu.

Dari situ kamu nanti akan mendapatkan poin-poin kekurangannya. Nah, kamu bisa menutup kekurangan itu dengan cara kamu sendiri.

Bergabung di komunitas

Bergabunglah di komunitas literasi atau menulis. Komunitas ini sangat membantu kamu untuk bisa berkembang dan memperbaiki kekurangan kamu. Biasanya di dalam komunitas akan selalu ada sharing-sharing pengalaman dan teknik penulisan. Nah ini adalah tempat yang tepat untuk belajar mengasah kemampuan menulis kamu.

Dengan orang-orang yang punya passion sama, kamu akan mudah dalam belajar hal-hal baru.

Apabila di sekitar kamu tidak ada komunitas menulis, buatlah komunitas menulis sendiri. Ajak orang-orang yang punya passion yang sama untuk bergabung, bersosialisasi dan berbagi tips bersama.

Rawat komunitas itu dengan segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan menulis. Misalnya saja bedah buku, coaching clinic yang dipandu expert, dan lain-lain.

Terus menulis

Dan cara terakhir adalah dengan terus menulis tanpa henti. Ya, menulislah terus karena itu akan membuatmu terbiasa dan mendapatkan banyak kosa kata yang akan memperkaya kualitas tulisan mu. Tulislah apapun yang ada di kepala mu tanpa memikirkan baik atau buruk.

Itu akan mengasah kemampuan berpikir kamu dan menulis secara bersamaan.

Tetap semangat. Buku rekomendasi : Meraih Pasive Income Dari menulis