Sulit tidur atau insomnia memang menjadi masalah bagi sebagian orang. Tetapi ada juga yang acuh dan tidak menganggap itu menjadi masalah besar. Bahkan sudah menjadi kebiasaan bertahun-tahun dengan tidur hanya beberapa jam.

Padahal insomnia dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Tidak sekadar mengganggu ketika ingin tidur di malam hari, tetapi lama-kelamaan juga akan mempengaruhi jiwa dan raga kita karena kualitas tidur yang tidak memadai.

Insomnia sendiri tidak selalu diartikan sulit tidur, tetapi ada beberapa kasus yang juga bisa dikatakan dalam kondisi insomnia, seperti :

  • Sering terbangun di waktu dini hari dan tidak bisa tidur kembali
  • Bisa tidur tapi tidak nyenyak dan itu dialami lama sekali
  • Tubuh tidak fresh ketika sudah bangun tidur, malah merasa loyo setelah bangun tidur
  • Dan yang terakhir adalah sulit untuk memulai tidur

Nah, jika kamu mengalami kondisi-kondisi di atas, bisa saja kamu terkena insomnia.

Baca juga : Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Penenang

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa terkena insomnia. Dan ini biasanya diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak baik. Contohnya adalah :

  • Jadwal tidur yang tidak teratur
  • Saat siang hari terlalu lama tidurnya
  • Bekerja di malam hari
  • Tidak berolahraga secara teratur
  • Beraktifitas di depan perangkat elektronik seperti laptop, komputer, ponsel di malam hari menjelang tidur
  • Lingkungan yang kurang kondusif (ramai, dll)
  • Baru pindah dari suatu tempat yang berbeda zona waktunya
  • Terlalu banyak konsumsi makanan maupun minuman sebelum tidur, apalagi yang mengandung kafein dan alkohol
  • dll

Kalau kamu merasa memiliki penyebab di atas, lebih baik mulai atur kembali supaya gaya hidup menjadi lebih sehat dan tidur pun berkualitas.

Nah, banyak yang menganggap kalau insomnia hanya berdampak pada kurang tidur saja. Padahal dampaknya itu sangat banyak dan bisa mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh. Termasuk ganggung kejiwaan dan emosi diri.

Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul karena insomnia, beberapa diantaranya adalah :

#Munculnya risiko penyakit kronis

Insomnia menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang dan tidur pun tidak berkualitas. Alhasil ini akan mempengaruhi gaya hidup secara menyeluruh seperti pola makan dan lain-lain. Tubuh yang sejatinya butuh istirahat menjadi tidak bisa istirahat pada jam-jam yang sudah waktunya. Dan itu bisa berdampak pada munculnya risiko penyakit-penyakit kronis seperti berkurangnya imun tubuh, tekanan darah tinggi, jantung, diabetes.

#Gangguan psikologis

Tidak hanya fisik saja, tetapi mental dan psikologis juga akan terganggu. Misalnya saja mudah emosi, muncul depresi, merasa kebingungan, tidak bisa fokus dalam melakukan pekerjaan.

Sehingga insomnia ini sering membuat seseorang tidak bisa produktif dalam bekerja. Banyak yang sudah mengalaminya.

#Fokus Menurun

Karena kurang tidur, alhasil fokus pun menurun. Seseorang yang terkena insomnia umumnya memiliki daya konsentrasi yang menurun, sehingga ini sangat berisiko buruk bagi kehidupannya apalagi yang suka berpergian jauh menggunakan kendaraan pribadi.

#Daya ingat menurun

Orang yang insomnia ini membuat kemampuan daya ingatnya menurun. Sudah banyak yang mengalaminya dan merasa sering lupa.

Ada buku terkait Insomnia :

Selain itu masih banyak lagi dampak yang bisa disebabkan karena insomnia. Tidak hanya dari kesehatan saja, tetapi perilaku sehari-hari juga akan berubah. Orang yang insomnia juga akan sulit dalam mengambil keputusan.

Lalu bagaimana untuk mengatasi insomnia ini? Cara yang mudah dilakukan adalah dengan merubah gaya hidup. Coba untuk berolahraga rutin agar peredaran darah lancar dan asupan oksigen ke otak lancar. Jangan sepelekan insomnia.