Keberadaan media online tidak seharusnya digunakan untuk menyebar kebencian apalagi menyebar informasi bohong. Media online sudah seharusnya dapat digunakan untuk mengupgrade diri menjadi lebih baik lagi. Misalnya saja blog yang dapat kita manfaatkan untuk mengasah kemampuan menulis.

Karena dengan melalui blog, kita dapat bebas menulis dengan kemampuan yang kita miliki tanpa ada orang yang mengoreksi. Namun bebas di sini adalah bebas yang positif.

Bagi seseorang yang ingin belajar menulis, blog adalah media yang tepat untuk digunakan. Apalagi blog bisa dibuat secara gratis melalui platform-platform blog yang ada seperti Blogspot atau WordPress.

Pertanyaannya, mengapa harus melalui blog? Padahal ada media online lain seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Ada beberapa alasan mengapa blog bisa dijadikan media untuk mengasah kemampuan menulis kamu.

1. Blog itu lebih personal

Ketika kamu memilih membuat blog untuk media menulis, maka blog bisa dijadikan media yang lebih personal. Ini dikarenakan setiap pengguna blog bakal memiliki sebuah alamat atau URL blognya sendiri. Sehingga ini membuatnya lebih personal.

Dan ketika ada orang yang membuka blog kamu, maka informasi yang ada di blog ya hanya tulisan-tulisan kamu. Beda jika kamu menggunakan Facebook, maka akan berbaur dengan pengguna lain dan itu mengurangi sisi personal.

2. Lebih sistematis

Di blog kamu bisa belajar menulis serial cerita dengan cara per postingan. Ini akan pembaca dalam menelurusi tulisan-tulisan kamu. Blog diciptakan untuk memposting artikel-artikel secara sistematis berurutan sehingga akan banyak membantu bagi pembaca melihat isi tulisan kamu.

Dari sini blog bisa dijadikan semacam buku digital kamu.

3. Blog lebih terbuka

Dengan menulis di blog maka akan banyak orang yang bisa membuka blog kamu dan membaca tulisan-tulisan kamu. Pembaca akan bisa memberikan komentar di tiap tulisan kamu. Sehingga ini bisa kamu manfaatkan sebagai feedback untuk menilai kualitas tulisan kamu.

4. Jadi Batu loncatan

Banyak penulis-penulis yang mengawali karirnya dari menulis di blog, sebut saja Raditya Dika yang dulu ia awalnya menulis di blog kemudian tulisannya dibukukan. Nah ini bisa kamu jadikan batu loncatan, dimana blog bisa dijadikan sarana menulis yang gratis dan nanti lihat tanggapan pembaca.

Jika blog kamu banyak yang menyukainya dan tulisan-tulisan kamu sangat ditunggu pembaca, kamu bisa mulai membuka buku.

Ada beberapa buku rekomendasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar blogging.