Siapa yang suka membaca tulisan satire? Atau bahkan kamu belum tahu apa itu tulisan satire? Biasanya sih orang yang belum tahu tulisan satire akan memandang buruk tulisan itu dan langsung men-jugde penulisnya. Kenapa begitu?

Karena tulisan satire adalah tulisan yang isinya mengkritik tetapi dipoles secara harus dengan gaya humor penulisnya. Biasanya tulisan satire memiliki tujuan untuk membuat orang menjadi perhatian terhadap masalah yang sedang diangkatnya. Dan berharap dengan tulisan itu dapat memperbaiki kekurangan yang ada.

Tulisan satire memang tidak bisa ditelan secara mentah, karena isinya memang seperti itu. Penuh dengan sindiran terhadap perilaku seseorang yang dianggap banyak orang itu salah.

Di dalam tulisan satire, tidak semuanya langsung menyebutkan target yang ingin dikritiknya. Beberapa penulis satire biasanya akan menertawakan diri sendiri untuk menjadikan objek leluconnya. Tetapi sebenarnya objek yang ingin dibahas bukan diri sendiri melain ada orang lain.

Menjadikannya diri sendiri sebagai objek adalah cara yang aman bagi penulis satire dalam mengkritik tingkah seseorang.

Ketika kamu membaca tulisan satire, berarti penulis sudah yakin kalau ia sudah punya fakta yang benar-benar benar. Agar nantinya bisa dijadikan argumen yang pas dalam tulisannya. Dan terkadang ada tulisan satire yang menceritakan tingkah seseorang yang dibalik kondisinya. Misalnya ada orang yang tingkahnya buruk, kemudian di tulisan satire dituliskan kalau orang tersebut bertingkah yang baik-baik. Tetapi sebenarnya pembaca tahu kalau itu tidak sesuai dengan tingkah aslinya.

Menulis tulisan satire ini sangat membutuhkan kecerdasan yang tinggi. Karena konsep dari tulisan ini sekali lagi ingin mengkritik tetapi dibuat dengan cara yang halus dan penuh humor. Sehingga tulisan seperti ini tidak akan langsung bertentangan dengan hukum yang ada.

Sayangnya, masih banyak juga orang yang belum paham apa itu tulisan satire. Sehingga ketika membaca tulisan yang seperti itu langsung menyalahkan. Akhirnya malah malu sendiri

Di Bukupedia banyak jual buku satire yang bisa kamu baca.