Apa itu Ghost Writer? Ghost Writer adalah penulis yang menyewakan jasa menulisnya kepada orang lain yang ingin membuat buku tetapi tidak ada waktu untuk menulis atau memang tidak punya keahlian dalam menulis. Yang dimiliki adalah ide, gagasan, dan materi inti untuk bukunya nanti.

Akan tetapi seorang Ghost Writer ini nanti namanya tidak akan dimunculkan dalam credit title pekerjaan yang dihasilkannya. Misalnya saja sedang menggarap sebuah buku, maka nanti nama Ghost Writer ini tidak akan dimunculkan. Itulah mengapa dinamakan Ghost Writer.

Nantinya kredit akan diambil semua oleh penyewa. Sehingga Ghost Writer hanya akan mendapatkan uang jasa sewanya.

Alasan untuk Menyewa Ghost Writer

Seorang penulis pun berhak dan wajar jika menyewa Ghost Writer. Karena sebenarnya ini juga sebuah hal lumrah yang ada di dunia literasi saat ini.

Biasanya alasan untuk menyewa Ghost Writer itu ketika sedang ada proyek-proyek yang memang tidak perlu penulis itu langsung yang mengerjakannya, atau memang dikarenakan faktor kesibukan sehingga butuh partner yang bisa membantunya.

Contoh proyek yang bisa dilakukan adalah untuk menyalin tulisan yang ada di situs web / blog untuk dijadikan sebuah buku, membuat tulisan untuk iklan, menulis ulang atau alih bahasa, dll.

Untuk itu seorang Ghost Writer juga dituntut untuk profesional agar bisa menghasilkan salinan / tulisan yang berkualitas tinggi.

Bisakah Menghasilkan Uang dengan Menjadi Ghost Writer?

Sangat bisa. Kalau Anda adalah orang yang punya keahlian dalam menulis yang baik, bisa mencoba menjadi Ghost Writer. Bahkan banyak juga penulis-penulis yang memang memiliki side job sebagai Ghost Writer.

Biasanya penulis hantu ini dipekerjakan karena faktor kualitas pekerjaannya. Itu yang menjadi faktor utama. Masalah nama apakah terkenal atau tidak, itu tidak penting. Apalagi jika Anda juga bermain di pasar internasional, maka peluangnya akan sangat besar.

Rate yang ditawarkan dari luar negeri pun juga terbilang cukup besar jika dibandingkan menjadi Ghost Writer lokal.

Cara Menjadi Ghost Writer

Bisnis ghost writer ini bisa sangat menguntungkan. Untuk menjadi ghost writer berbayar, Anda perlu memiliki banyak pengalaman menulis di situs web atau bentuk tulisan lain. Karena yang menjadi senjata Anda itu adalah tulisan.

Kumpulan portfolio Anda dan jadikan itu sebagai alat jual Anda. Kalau Anda juga punya buku sendiri, bisa dijadikan contoh produk Anda.

Kemudian Anda juga perlu memiliki rate layanan Anda. Meskipun pada akhirnya nanti ada pihak yang memang butuh nego untuk masalah pembayaran, tetapi dengan memiliki rate adalah bentuk dari profesionalisme Anda.